Ini Dia Orang yang Menciptakan Game Solitaire

Telset.id, Jakarta – Mungkin jika ditanya game apa yang paling dikenal di muka bumi ini, jawabannya adalah Solitaire. Ya, game legendaris yang ada di Windows itu nyaris dikenal oleh semua orang, khususnya pengguna komputer. Tapi mungkin banyak yang belum tahu, siapa sebenarnya yang menciptakan game Solitaire?

Hampir tak ada orang yang tak mengenal game Solitaire. Game sederhana ini telah ada di sistem operasi Windows sejak tahun 1990, dan masih tetap ada hingga sekarang (di OS terbaru Windows 10). Selama ini Anda mungkin hanya pernah memainkannya, tapi tidak tahu siapa orang yang membuat game tersebut.

Apakah yang membuatnya seorang gamer? Kalau itu dugaannya, berarti tebakan Anda salah. Karena Solitaire diciptakan oleh seorang karyawan magang di Microsoft bernama Wes Cherry. Dia menciptakan Solitaire saat kerja magang di raksasa perangkat lunak itu tahun 1988. Lantas bagaimana ceritanya hingga dia membuat game “menyusun kartu” itu?

[Baca juga; Microsoft Luncurkan Solitaire Collection di Android dan iOS]

Cherry mengungkapkan, selama ia bekerja di Microsoft sebagai karyawan magang, ia melakukan banyak pekerjaan yang sangat menarik. Namun sebagai karyawan magang, Cherry mengaku memiliki banyak waktu senggang. Dari sinilah kemudian muncul idenya untuk bisa menggarap sesuatu.

“Di saat senggang, saya mendapatkan ide membuat Solitaire untuk Windows. Ide itu (membuat Solitaire) muncul saat saya merasa bosan, karena saat itu belum banyak game yang beredar seperti sekarang. Jadi kami harus membuatnya,” ujar Cherry menceritakan awal ide membuat Solitaire, seperti dikutip Telset.id dari Cnet.

Ide membuat game Solitaire ini kemudian diusulkan kepada Bill Gates, pendiri dan juga CEO Micorosoft. Setelah mendapat restu dari sang bos, game Solitaire akhirnya pertama kali dirilis saat Microsoft meluncurkan Windows 3.0. Sejak saat itu, Solitaire seakan tak terpisahkan dari Windows hingga saat ini.

[Baca juga: Microsoft Boyong Solitaire ke Windows 10]

Cherry sendiri mengaku tidak mendapat apa-apa dari game ciptaannya itu. Ya, meski Solitaire masih terus dibundling di setiap setiap seri Windows OS hingga sekarang, namun Cherry tidak mendapat royalty atau bayaran sepeserpun dari hasil “kerja isengnya” itu.

Selepas sebagai karyawan magang, Cherry juga akhirnya tidak melanjutkan karirnya di Microsoft. Dia saat ini diketahui malah bekerja di bidang yang tidak ada hubungannya dengan computer, yakni di perusahaan pengolahan cuka.

Nah, sekarang sudah tahu kan siapa orang di balik terciptanya game Solitaire. Ya, game legendaris ini ternyata dibuat oleh seorang anak magang di waktu senggangnya. [HBS]

 

SourceCnet

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI