Wow! Video Call Hologram ala Star Wars Mulai Diuji Coba

Telset.id, Jakarta  – Jaringan 5G digadang-gadang akan membawa kita pada lompatan teknologi yang lebih jauh ke depan. Dengan jaringan internet super cepat ini, beragam teknologi yang selama ini hanya ada dalam film-film fiksi ilmiah bisa diwujudkan, salah satunya adalah video call hologram.

Bagi Anda yang sudah pernah menonton film Star Wars atau Iron Man, pasti pernah melihat para jagoan di film-film tersebut berkomunikasi via video hologram. Mungkin selama ini Anda beranggapan itu semua hanya ada dalam film. Namun dengan jaringan 5G, semua itu akan bisa segera diwujudkan di dunia nyata.

Adalah operator seluler asal Amerika Serikat, Verizon dan perusahaan jaringan asal Korea Selatan, KT, yang pada Senin (3/4) lalu memamerkan hasil kerjasama mereka berupa panggilan video atau video call hologram pertama di dunia.

Dalam uji coba yang dipamerkan tersebut, panggilan video dilakukan seorang karyawan dari kantor pusat KT di Gwanghwamum Korea Selatan pada seorang pegawai Verizon di New Jersey Amerika Serikat yang muncul dalam wujud gambar holografik.

Namun gambar holografik ini memang masih baru bisa ditampilkan pada sebuah layar monitor, bukan seperti gambar hologram yang bisa ditampilkan dimana saja seperti dalam film Star Wars yang sering kita tonton. Mungkin ini sedikit mengecewakan bagi para fans Star Wars. Tapi harap dicatat, ini baru langkah awal, dan bukan tak mungkin beberapa tahun lagi kita akan bisa melihat video call hologram ala Star Wars.

KT saat ini sedang mengembangkan panggilan hologram secara live sebagai salah satu layanan baru yang akan mereka tawarkan saat meluncurkan jaringan 5G-nya. KT juga mengembangkan layanan lain seperti Sync View 360° Live VR dan juga Omni-view.

Layanan 360° Live VR diharapkan sudah bisa digunakan saat berlangsungnya ajang Olimpiade musim dingin di Pyeongchang 2018 mendatang. Nantinya, pengguna bisa menonton pertandingan-pertandingan di Olimpiade secara live dalam format VR.

Hingga saat ini memang masih belum ada standar untuk jaringan 5G. Namun panggilan video hologram yang diuji coba tadi dilakukan pada spectrum 2GHz. Verizon menyatakan bahwa akan mulai uji coba 5G pada tahun ini, tapi untuk cakupan yang lebih luas masih beberapa tahun lagi.[HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here