Trik Dapatkan Efek Bokeh ala DSLR di Smartphone Android

Telset.id, Jakarta – Saat ini untuk menjadi seorang fotografer atau sekedar seorang penyuka fotografi, tak melulu harus memiliki kamera DSLR canggih. Karena dengan menggunakan smartphone pun, khususnya yang berbasis Android, memotret momen penting atau menarik sudah bisa dilakukan.

Namun, namanya juga kamera smartphone, tentu hasilnya tidak sesempurna kamera DSLR kan? Misalnya saja ketika kita ingin mengambil gambar dengan efek bokeh atau memfokuskan kamera pada satu objek di mana objek lain akan terlihat blur. Dengan menggunakan kamera smartphone, mengambil gambar dengan efek seperti itu memang bisa saja dilakukan, tapi ya seperti yang sudah disebutkan tadi, hasilnya tidak akan sesempurna kamera DSLR.

Nah, di sini Tim Telset.id akan memberikan trik bagi Anda yang suka fotografi tapi hanya mengandalkan kamera smartphone.

Catatan: Kami menggunakan Asus Zenfone Selfie sebagai bahan percobaan.

  • Pertama, yang harus Anda lakukan adalah meng-install aplikasi Google Camera yang merupakan aplikasi kamera andalan untuk platform Android. Aplikasi ini memiliki salah satu fitur yang memungkinkan penggunanya untuk merasakan sensasi menggunakan efek bokeh ala DSLR saat mengambil gambar.
  • Jika sudah di-install, jalankan aplikasinya. Di halaman pertama saat pertama kali dijalankan akan ada pengaturan Remember photo locations, pilih opsi di bawahnya kemudian tekan tombol Next untuk mengaktifkan fitur.
  • Kemudian, swipe ke kanan untuk menampilkan berbagai opsi pengambilan gambar yang ada. Jika sudah muncul, pilih Lens Blur.
  • Terdapat beberapa tutorial yang akan muncul, tekan tombol Next untuk melanjutkan.
  • Sekarang, coba ambil salah satu objek yang dirasa menarik dari jarak dekat, kemudian tekan tombol pengambilan gambar tepat di bagian tengah. Nah jika sudah, gerakkan smartphone Anda secara perlahan ke atas dan usahakan objek yang diambil tetap berada di tengah.
  • Jika sukses, maka hasil foto akan segera diproses dan akan melewati proses render sebelum nantinya Anda bisa melihat hasil foto.
  • Oh ya, Anda juga masih bisa mengatur tingkatan blur objek lainnya untuk menampilkan efek bokeh ala DSLR.
  • Berikut hasil pengambilan gambar dengan efek bokeh menggunakan Google Camera:

Selesai! Mudah kan? Selamat mencobanya. [FHP/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI