Lagi! Powerbank dengan Kapasitas Palsu

Telset.id, Jakarta – Powerbank tidak diragukan lagi adalah perangkat tambahan smartphone yang sangat dibutuhkan saat ini. Namun, banyak pengguna yang terkecoh dengan label kapasitas yang tercantum padanya.

Saat membeli sebuah powerbank dengan kapasitas 13.000mAh untuk smartphone Anda yang mempunyai baterai 2.500mAh, mungkin yang ada di pikiran adalah powerbank itu bisa mengisi ulang secara penuh smartphone hingga 5 kali. Sayangnya hal itu salah.

Sesuatu yang harus Anda pelajari adalah, pastikan ukuran kapastitas powerbank besar, otomatis beratnya juga akan semakin besar karena akan terdapat ukuran atau jumlah cell baterai yang lebih besar atau banyak. Waspada dengan ukuran power bank yang besar namun ringan. Biasanya power bank seperti itu kapasitas yang ditulis di spesifikasi tidak sama dengan realnya.

Hal ini yang terjadi saat kami coba membongkar salah satu powerbank ditemani oleh Denny, Produsen Powerbank Delcell. Powerbank yang dibongkar memiliki kapasitas 13.000mAh namun setelah dibongkar powerbank hanya memiliki kapasitas 8000mAh.

Menurut denny, Sebenarnya sangat sulit sekali jika kita hanya melihat sepintas dari luar nya saja tanpa membongkar power bank tersebut.

“Namun semua akan aman bila produsen berani memberikan Garansi. Misalnya saja ada garansi 1 tahun kan lumayan, dan memang jika powerbank itu berani memberikan garansi 1 tahun pailng tidak power bank tersebut bisa kuat minimal 1 tahun,”ujar Denny di Jakarta.

Jika Anda penasaran, Anda juga bisa mengetesnya dengan menggunakan “USB Baterai Tester”. Dengan menggunakan alat ini setidaknya Anda mengetahui pasti ukuran baterai tersebut. Seperti yang kami lakukan, paling tidak ketika kapasitas baterai tidak sesuai maka dengan garansi 1 tahun, Anda bisa mengembalikannya.

Jika masih kurang berikut tips membeli powerbank :

  1. Belilah power bank di penjual yang terpercaya, atau boleh juga langsung ke Developer storenya langsung.
  2. Lihat kapasitas ukuran dan berat power bank, jika kapasitas besar, maka powerbank tersebut besar dan berat.
  3. Jangan tergiur dengan harga murah tapi kapasitas besar.
  4. Tanyakan garansi minimal 1 tahun.

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI