WikiLeaks Ungkap Dokumen Kewenangan CIA Retas Semua Smartphone

Telset.id, Jakarta – Situs yang sudah dikenal suka membocorkan atau mengungkapkan informasi paling rahasia, WikiLeaks kembali membocorkan satu rahasia besar yang dimiliki oleh Central Intelligence Agency (CIA) yang merupakan salah satu badan intelijen milik pemerintah Amerika Serikat.

Dilansir Tim Telset.id dari Android Authority, rahasia yang berhasil diungkap tersebut adalah dokumen bernama “Vault 7” yang berisi kewenangan atau kemampuan CIA untuk bisa mengakses semua perangkat pintar termasuk smartphone Android, iOS, Windows hingga smart TV keluaran Samsung sebagai “mikrofon rahasia” mereka untuk mendengarkan informasi yang mereka mau demi kepentingan investigasi.

[Baca Juga: Lagi, 32 Juta Akun Yahoo Dibobol Hacker]

Pada situs yang didirikan oleh Edward Snowden itu, terungkap jika adanya malware yang bisa secara otomatis dapat membuat perangkat yang terinfeksi untuk bisa merekam lewat mikrofon yang berada pada Samsung smart TV, smartphone Android, iOS serta Windows. Selain bisa merekam dengan otomatis, perangkat yang disebutkan tadi juga bisa “memberikan” informasi berupa teks hingga lokasi kepada agen CIA.

Terungkap juga jika CIA memiliki akses  ke 24 malware “zero days” yang biasanya menginfeksi perangkat berbasis Android. Akses tadi memungkinkan CIA untuk bisa melakukan bypass pada enkripsi end-to-end dari aplikasi yang biasa digunakan oleh banyak pengguna Android seperti WhatsApp, Telegram, Weibo, Confide dan juga Signal untuk mengumpulkan data berupa teks pesan yang dikiirmkan.

[Baca Juga: Android Jadi “Bulan-bulanan” Serangan Hacker di 2016]

Hingga kini masih ada banyak dokumen yang terkait dengan hal tersebut yang masih dalam tahap analisa oleh beberapa pakar termasuk adanya dokumen “Year Zero” yang memiliki 8.761 dokumen di dalamnya. (FHP)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI