Android Jadi “Bulan-bulanan” Serangan Hacker di 2016

Telset.id, Jakarta – Ternyata di tahun 2016 yang lalu, Android memiliki sisi gelap yang mungkin kurang diketahui oleh banyak penggunanya. Sisi gelap tersebut terbilang ironis karena bisa saja membahayakan penggunanya yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Pada tahun 2016 lalu, ternyata Android merupakan sistem operasi yang paling rentan dengan total 523 kerentanan atau kelemahan yang berhasil diungkap dari total 50 aplikasi dan sistem operasi seperti dilansir Tim Telset.id dari CVE Details.

[Baca juga: Bukan Sidik Jari, Ini Sistem Keamanan Paling Sulit Dibobol]

Lantas bagaimana dengan pesaing terdekatnya yakni iOS? OS tersebut bertengger di posisi 15 dengan jumlah kerentanan yang mencapai 161 saja. Tentu hasilnya begitu jauh dan menginsyaratkan pada 2016 lalu iOS lebih aman ketimbang OS besutan Google tersebut.

Perolehan yang diraih oleh Android boleh dibilang suatu kemunduran, sedangkan untuk iOS itu sebuah kemajuan. Kenapa? Karena pada tahun 2015 lalu, malah iOS-lah yang merupakan sistem operasi paling rentan karena OS tersebut bercokol di posisi kedua dengan total kerentanan 387. Sedangkan Android berada di posisi 26 dengan 125 kerentanan.

[Baca juga: Catat! Ini 6 Ancaman Keamanan Cyber di 2017]

Hal ini tentu menunjukan di tahun 2016 lalu, Android menjadi sasaran paling empuk untuk para hacker untuk bisa mengakses berbagai informasi penting penggunanya seperti data pribadi, kontak, pesan SMS, panggilan telepon, password, dan lainnya. Semoga saja Google melihat hasil penelitian ini dan langsung memperbaiki sisi keamanan demi penggunanya. (FHP/HBS)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here