Konyol, Bocah Iseng Ini Kirim Ratusan Panggilan 911

Telset.id, Jakarta – Layanan darurat panggilan 911 di Surprise, Arizona, Amerika Serikat dibuat kalang kabut dengan ratusan panggilan telepon hanya dalam waktu beberapa menit saja. Panggilan darurat yang tidak biasa itu ternyata merupakan aksi iseng dari seorang remaja. Duuh..

Petugas di layanan nomor darurat 911 beberapa hari lalu dibuat kebingungan karena menerima 100 panggilan telepon darurat yang terjadi hanya dalam waktu beberapa menit saja. Tentunya hal itu sangat mengganggu, karena bisa membuat para operator 911 tidak bisa menerima panggilan darurat dari orang lain.

Pihak kepolisian langsung turun tangan menyelidi penyebab kejadian tersebut. Hasilnya, pihak kepolisian menemukan bahwa ratusan panggilan darurat yang masuk ke 911 itu palsu. Polisi mendapti panggilan itu sengaja dibuat orang iseng yang mengirimkannya dari sebuah link yang diposting di Twitter dengan nama Meetkumar Hiteshbhai Desai.

Menariknya, Meetkumar ternyata bukanlah hacker profesional yang mempunyai tujuan politik tertentu atau punya modus mencari keuntungan uang. Meetkumar hanyalah seorang bocah remaja yang berbuat iseng.

Dari hasil interogasi polisi terungkap bahwa remaja tersebut mengatakan dia “belajar” untuk memanipulasi bug dengan menggunakan kode JavaScript untuk memaksa perangkat-perangkat iOS melakukan panggilan telepon.

Alhasil, sejumlah pengguna iPhone yang mendapatkan link yang dikirimkan Meetkumar kemudian melaporkan masalah mereka ke Twitter. Seorang wanita yang menjadi korban keusilan Meetkumar bahkan mengatakan bahwa iPhone miliknya menghubungi nomor telepon darurat 911 sebanyak 19 kali.

Ironisnya, Meetkumar dengan santai mengatakan bahwa ia menganggap bug tersebut hanya sebagai bahan lelucon, bukan bermaksud untuk kejahatan. Parahnya, dia juga mengaku masih memiliki link lain yang tidak hanya membuat iPhone menelepon 911, tapi juga mematikan dan me-reboot perangkat tersebut.

Atas aksi konyolnya tersebut, Meetkumar terancam hukuman berat dengan tuntutan tiga pasal berbeda. Well, pesan moral dari kasus ini adalah, sebaiknya Anda jangan iseng pada layanan-layanan publik penting seperti 911, karena aksi konyol Anda bisa saja membuat orang lain kehilangan nyawa. [HBS]

 

SourceGizmodo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI