Soal Kebocoran Data, OS Manakah yang Lebih Rentan?

Telset.id, Jakarta – Android biasanya lebih rentan terhadap hacking dan bocornya info pribadi dari pengguna. Namun menurut penelitian yang dilakukan oleh perusahaan keamanan digital, Zscaler, ternyata iOS sedikit lebih rentan ketimbang Android dalam hal data pengguna.

Selama ini iOS dianggap lebih aman dibandingkan Android. Namun data terbaru yang dirilis Zscaler ternyata mengungkap hal yang berbeda. iOS justru sedikit lebih rentan daripada Android dalam hal data pengguna. Meskipun kerentanan tersebut lebih banyak berasal dari aplikasi yang ketika diteliti ternyata “cukup jinak”.

Sebagai rata-ratanya, pada aplikasi Android yang melewati proses transaksi yang berkaitan dengan perusahaan cloud, kemungkinan kebocoran data pengguna hanya 0,3% saja. Namun untuk aplikasi iOS lebih besar yakni 0,5%. Angka tersebut didapat dari sampel yang jumlahnya sangat besar.

Memang diakui angka tersebut tidaklah besar karena kemungkinan besar yang bocor hanyalah informasi dari perangkat atau lokasi data. Nah, jika menyangkut info pribadi, iOS hanya memiliki kemungkinan bocor 0,2% saja, sedangkan Android lebih besar yakni 3%.

Yang menarik di sini adalah, 70% perangkat iOS yang berada di China lebih rentan terhadap kebocoran data pengguna (PII). Sedangkan untuk Android, persentase terbesarnya malah berada di Amerika.

Hal ini tentu memberikan kita sebuah pelajaran bahwa seberapapun smartphone terebut diklaim aman, tetap saja para peretas akan selalu mendapatkan banyak cara untuk mendapatkan data pribadi anda. (FHP/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI