Google Allo & Duo Jadi Aplikasi Pra-install di Android

Telset.id, Jakarta – Mulai tanggal 1 Desember 2016, Google Allo dan Duo akan menjadi aplikasi pra-install di Android. Kedua aplikasi tersebut menggeser posisi Hangouts yang kini hanya menjadi aplikasi ‘optional’.

Dalam email yang dikirim kepada mitra kerjanya pada tanggal 5 Oktober, Google menjelaskan bahwa Hangouts tidak akan lagi menjadi aplikasi pre-install atau tidak masuk ke dalam paket Google Mobile Services di smartphone Android mulai 1 Desember 2016.

Itu artinya, Hangouts hanya akan menyandang status optional dalam paket Google Apps. Sebagai penggantinya, Google Allo dan Duo akan menjadi aplikasi pre-install di smartphone Android.

[Baca juga: Snowden Tuding Google Allo Alat Mata-mata]

Jadi, nantinya Anda tidak lagi menemukan aplikasi Hangouts terpasang di smartphone Android yang baru pertama kali diaktifkan. Hangouts bisa Anda dapatkan dengan cara menginstalnya di Play Store. Sementara Google Allo dan Duo bisa langsung Anda temukan sebagai aplikasi bawaan di smartphone Android.

Keputusan ini diambil karena memang aplikasi Duo dan Allo memiliki banyak fitur yang lebih menarik ketimbang Hangouts. Tidak hanya sebagai aplikasi messaging, tapi juga bisa untuk video chatting. Pertimbangan lainnya adalah agar lebih banyak orang yang menggunakan aplikasi baru ini, sehingga dapat meningkatkan jumlah penggunanya.

[Baca juga: Baru Seminggu Google Allo Sudah Didownload 5 Juta Kali]

Google Allo dan Duo nampaknya memang disiapkan Google untuk dapat bersaing dengan aplikasi-aplikasi populer yang ada saat ini, seperti Whatsapp, Facebook Messenger, Skype, dll.

Raksasa mesin pencarian ini tentunya berharap dapat segera bisa meraup jumlah banyak pengguna jika Allo dan Duo sudah langsung terpasang di smartphone Android. Mengingat kini pengguna smartphone didominasi Android. [HBS]

 

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI