Antisipasi Arus Balik, Telkomsel Siaga di Brexit

Telset.id, Jakarta – Telkomsel menyatakan akan ikut bersiaga dalam mengantisipasi arus balik Lebaran yang diperkirakan akan terjadi pada Minggu ini. Beberapa posko akan didirikan di beberapa titik keramaian di jalur mudik, terutama di exit tol Brebes Timur.

Adita Irawati, VP Corporate Communications Telkomsel mengatakan pihaknya siap melayani area-area yang menjadi titik keramaian arus balik Lebaran, melalui posko pemantauan jaringan dan para petugas yang beroperasi selama 24 jam.

“Hal ini untuk memastikan agar kenyamanan dan kualitas layanan bagi para pelanggan dalam berkomunikasi tetap terjaga ketika melakukan perjalanan panjang,” ujarnya, dalam keterangannya kepada Telset.id, Minggu (10/7/2016).

Ia mengungkapkan, bahwa penyiagaan jaringan sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari sebelum periode mudik Lebaran, denhan difokuskan pada area-area jalur balik utama yang dilalui para pemudik di Jawa Tengah, Jawa Barat dam di lokasi-lokasi berkumpulnya para pemudik, seperti Bandara, Terminal, Stasiun, dan Pelabuhan (BTSP).

Di titik-titik yang sebelumnya mengalami kenaikan trafik yang cukup signifikan saat momen mudik Lebaran seperti di exit tol Brebes Timur, exit tol Pejagan, dan Terminal Wates (Yogyakarta), Telkomsel terus memantau terjaganya kualitas jaringan.

“Bahkan di wilayah exit tol Brebes Timur, Telkomsel menyiapkan tambahan 13 BTS 4G untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan menggunakan layanan data,” terang Adita.

Telkomsel Posko Mudik 2016

Selain menyiagakan jaringan, Telkomsel juga melakukan persiapan dari sisi pelayanan pelanggan. Sebanyak 809 Posko Siaga di jalur mudik, BTSP, dan lokasi wisata telah disiapkan untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan.

Untuk arus balik, posko utama Telkomsel berada di tol Cikampek arah Jakarta, yaitu KM 62 dan KM 42 yang akan melayani pemudik yang melakukan perjalanan panjang,” jelasnya.

Di posko-posko tersebut, tambah Adita, selain menyediakan pulsa dan paket Internet, pemudik juga dapat melakukan migrasi simcard 4G dan aktivasi T-Cash. Di lokasi-lokasi tersebut ketersediaan kapasitas jaringan juga akan terus dipantau ketat.

Sementara itu, hasil pemantauan di H+2 Lebaran memperlihatkan adanya kenaikan trafk layanan data di Rest Area yang mengarah ke Jakarta, dengan rata-rata naik sekitar 40%. Kenaikan tertinggi di jalur Timur, terjadi di Tol Cipularang Rest Area KM72B, sebesar 56%. Sedangkan di jalur Barat, kenaikan tertinggi di Tol Merak Rest Area KM45, sebesar 49%.

Layanan data menjadi layanan dengan kenaikan trafik tertinggi selama momen lebaran, dimana kenaikan tercatat sebesar 78% (dibandingkan tahun 2015) menjadi sekitar 2.700 TB (Terabyte) saat malam takbiran. Jika dibandingkan dengan hari normal 2016, layanan Data naik sekitar 17%.

[Baca juga: Lebaran, Trafik Data Telkomsel Tembus 2.700 TB]

Secara umum pada periode libur Lebaran, pelanggan memanfaatkan layanan data untuk mencari informasi dengan web browsing, mengunggah foto dan status ke media sosial, mengirim pesan instan, serta menikmati hiburan lewat video streaming dan online games.

Secara kualitas, tingkat keberhasilan untuk delivery layanan komunikasi juga secara umum baik. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat kesuksesan layanan data dan SMS mencapai lebih dari 99%, sementara tingkat kesuksesan layanan suara di atas 98%.

Hadirnya 76 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS di titik-titik yang membutuhkan tambahan kapasitas jaringan juga meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik Lebaran tahun ini, Telkomsel telah melakukan optimalisasi dan peningkatan kualitas jaringan mulai dari H-7 hingga H+7 Lebaran, dengan membangun 623 base transceiver station (BTS) baru.

Selain itu, Telkomsel juga memodernisasi 486 BTS, dan meng-upgrade 1.052 BTS serta 75 base station controller (BSC) dan radio network controller (RNC). [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI