Lebaran, Trafik Data Telkomsel Tembus 2.700 TB

Telset.id, Jakarta – Seperti telah diprediksi sebelumnya, layanan Data kembali mengalami lonjakan trafik terbesar di jaringan Telkomsel selama Lebaran 2016. Trafik Data Telkomsel mencatat kenaikan tertinggi di H-1 Lebaran atau saat malam takbiran, yakni mencapai lebih dari 78%

Trafik penggunaan layanan yang tertinggi terkonsentrasi di area Jawa-Bali (diantaranya Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali) yang merupakan destinasi utama mudik dan daerah wisata. Pengunaan Data di area ini menembus angka 771 Terabyte (TB) saat H-1 Lebaran.

Adapun area yang mengalami kenaikan penggunaan layanan data tertinggi dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2015 adalah Sumatera, dimana kenaikan  terpantau hingga lebih dari 89% menjadi sekitar 665 TB saat momen H-1 Lebaran.

Trafik layanan data mencatat kenaikan paling tinggi sebesar 78% menjadi sekitar 2.700 TB, meningkat jika dibandingkan dengan trafik Data di periode yang sama tahun 2015. Jika dibandingkan dengan hari normal 2016, layanan ini mengalami kenaikan sekitar 17%.

“Kenaikan masih tinggi di hari Lebaran mencapai lebih dari 2.500 TB atau naik sekitar 75%. Jika dibandingkan dengan hari biasa di 2016, angka trafik Data ini naik sekitar 12%,” jelas Adita Irawati, Vice President Corporate Communications Telkomsel.

Ia menerangkan, bahwa penggunaan layanan data pada H-1 Lebaran dan saat Lebaran tercatat mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa lokasi yang dilalui atau disinggahi oleh pemudik.

Seperti misalnya di exit Tol Kaliangsa, exit Tol Pejagan, Terminal Wates (Yogyakarta), dan Pelabuhan Lamijung (Nunukan). Begitu pula dengan lokasi-lokasi wisata, seperti Jam Gadang (Bukittinggi), Berastagi, Pantai Kuta, dan Kota Bunga (Puncak).

Sementara untuk layanan suara dan SM momen lebaran ini cenderung stagnan. Layanan suara mengalami penurunan sebesar 4% di hari Lebaran, menjadi sekitar 1,5 miliar menit jika dibandingkan dengan trafik percakapan di hari biasa. Sedangkan layanan SMS masih mencatat kenaikan sebesar 1% di malam takbiran.

Adapun tingkat keberhasilan koneksi Data dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai lebih dari 99%. Sedangkan tingkat kesuksesan panggilan suara mencapai lebih dari 98%.

“Itu artinya jaringan Telkomsel tidak ada masalah yang berarti, dan secara umum pelanggan kami dapat menikmati layanan dengan nyaman,” ujar Adita.

Keberhasilan itu, menurutnya, karena Telkomsel sebelumnya telah melakukan peningkatan kualitas jaringan guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi yang biasanya terjadi pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

Selain itu, Telkomsel juga menyiagakan 76 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS untuk meningkatkan kualitas berkomunikasi dan mengakses data. Telkomsel juga membangun 623 base transceiver station (BTS) baru dan memodernisasi 486 BTS.

“Kami juga meng-upgrade 1.052 BTS serta 75 base station controller (BSC) dan radio network controller (RNC) untuk mengoptimalkan kualitas jaringan menghadapi periode mudik Lebaran,” pungkas Adita. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Line Hadirkan Stiker “Siaga Covid-19”, Download Gratis di Sini!

Telset.id, Jakarta - Line Indonesia menghadirkan inisiatif dalam bentuk pemberian edukasi kepada masyarakat mengenai virus corona. Inisiatif Line ini...

Operator Angkat Bicara Soal Razia Kerumunan Lewat Nomor Ponsel

Telset.id, Jakarta - Pemerintah, dalam hal ini Kominfo berencana untuk razia kerumunan orang melalui deteksi nomor ponsel. Operator seluler,...

Catat! Ini 5 Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android

Telset.id - Fitur rekam layar sudah ada di beberapa smartphone Android. Tapi, ada pula smartphone Android yang belum menyediakan fitur ini...

Pelancong “Idiot” Berpotensi Sebar Virus Corona di AS

Telset.id, Jakarta  - Pemandang paling membuat frustrasi saat pandemi virus corona adalah aktifitas para pelancong yang sedang liburan musim...

Irit-iritan Bandwidth 4 Aplikasi Video Conference Populer, Siapa Terbaik?

Telset.id, Jakarta - Setelah Presiden Joko Widodo mengeluarkan imbauan untuk bekerja dan belajar dari rumah, banyak aktivitas belajar kelompok...
- Advertisement -