Google Spaces, Aplikasi Messaging ‘Paket Komplit’

Telset.id, Jakarta – Sebuah aplikasi messaging baru bernama Spaces diperkenalkan Google untuk pengguna perangkat mobile dan desktop. Apa istimewanya aplikasi messaging ini?

Spaces adalah aplikasi messaging yang dibuat untuk group chat dengan berbagai fungsi. Pengguna bisa mendapatkan beragam fasilitas untuk berbagi konten tanpa perlu keluar dari aplikasi atau melakukan copy-paste dari aplikasi lain.

Anda juga bisa mencari berbagai hal yang dinginkan, seperti foto, video, atau artikel tulisan di internet, dan menampilkannya dalam obrolan chat tanpa harus meninggalkan Spaces untuk membuka browser.

Semua itu dapat dilakukan karena Google melengkapi Spaces dengan Google Search, YouTube, dan juga Chrome yang terintegrasi. Itu artinya, pada saat Anda menggunakan Spaces, sama artinya menggunakan banyak aplikasi dalam satu “ruangan”. Itulah aplikasi ini dinamakan Spaces, aplikasi messaging “paket komplit”.

Google Spaces Android

“Anda bisa menciptakan ruang (space) dengan satu klik dengan topik apapun. Anda jug bisa mengundang orang lain ke dalamnya lewat pesan instan, e-mail, media sosial, atau cara lain yang diinginkan,” ujar product director Spaces, Luke Wroblewski, di blognya.

Pengguna Spaces bisa mencari konten yang diinginkan di internet lewat dukungan Google Search, YouTube, dan Chrome yang terintegrasi, kemudian membagikannya dalam obrolan grup.

Wroblewski menerangkan, bahwa fasilitas-fasilitas yang tersedia di Spaces tadi bisa lebih memudahkan pengguna dan juga membuat para anggota group chat tidak lagi ribet membuka tutup aplikasi yang ingin digunakan saat chat.

“Sebelum Spaces hadir, pengguna merasa repot karena untuk berbagi konten biasanya harus berpindah-pindah antar aplikasi dan copy-paste tautan. Topik pikiran terkadang hilang tertimbun segala macam obrolan dan tak mudah ditemukan kembali,”  ujar Wroblewski.

Kabar gembiranya, aplikasi Spaces saat ini sudah tersedia untuk platform Android, iOS, desktop, dan mobile web. Untuk bisa menggunakannya, Anda harus memiliki akun Gmail terlebih dahulu.

Rencananya Google akan memamerkan aplikasi Spaces di ajang konferensi I/O 2016 yang akan dihelat pada tanggal 18 hingga 30 Mei mendatang. Menarik untuk ditunggu. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here