Akun BBM di Hack untuk Penipuan? Begini Cara Atasinya!

Telset.id, Jakarta – Penipuan dengan menggunakan media smartphone memang bukan hal baru di dunia telekomunikasi. Dulu, kita mengenal istilah “Mama Minta Pulsa”, sebuah modus penipuan yang menggunakan media SMS untuk menjebak calon korban. Lalu ada modus telpon palsu yang meng-atasnamakan teman atau kerabat. Dan sekarang marak modus penipuan via BBM yang dilakukan dengan cara meng-hack BlackBerry ID pengguna BBM.

Modus jenis ini (via BBM .red) sebenarnya sudah teridentifikasi sejak tahun lalu. Seiring dengan ramainya pencurian akun email dan data lainnya menggunakan teknik social engineering, sebuah metode yang digunakan oleh hacker untuk memperoleh informasi tentang targetnya, dengan cara meminta informasi itu langsung kepada korban atau pihak lain yang mempunyai informasi tersebut.

Dalam konteks penipuan via BBM, hal pertama yang dilakukan oleh para penipu ini adalah mendapatkan informasi BlackBerry ID dan passwordnya. Caranya bisa bermacam-macam, mulai dari memanfaatkan keteledoran pengguna yang menggunakan password email mudah ditebak ataupun menggunakan single password untuk semua akunnya, hingga menggunakan teknik fake login.

Jenis yang terakhir biasanya disertai iming-iming suatu hal yang menarik sehingga orang terpancing untuk meng-klik dan meng-input BlackBerry ID dan password mereka. Misal dengan memberikan link video yang mensyaratkan pengguna untuk login menggunakan akun email ataupun BlackBerry ID untuk melihat konten yang dijanjikan.

Nah… bermodal informasi BlackBerry ID dan password yang mereka dapat, para penipu ini lantas “mengambil” alih akun BBM dan mulai mengirimkan permintaan-permintaan khusus ke kontak-kontak yang ada di BBM. Mulai dari minta dikirimkan pulsa hingga transfer sejumlah uang.

Modus ini bisa dikemas menjadi sangat meyakinkan, karena para penipu bisa mempelajari gaya bahasa dan mengetahui identitas calon korban melalui history percakapan akun BBM yang di hack. Sehingga mereka bisa dengan mudah meyakinkan calon korban dengan pesan BBM yang seolah-olah dikirim oleh teman kerja, kerabat, atau bahkan keluarga dekat.

Untuk terhindar dari modus penipuan semacam ini, ada baiknya pengguna BBM mengganti password email dan BlackBerry ID. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke akun email yang digunakan sebagai BlackBerry ID.
  2. Ganti password akun email dengan password yang tidak mudah ditebak.
  3. Pada beberapa akun email, disediakan opsi untuk alamat email cadangan untuk pengiriman password jika sewaktu-waktu Anda lupa password email Anda. Oleh karena itu, pastikan opsi email cadangan sesuai dengan akun email Anda yang lain.
  4. Setelah Anda mengganti password email Anda, masuk ke menu setting di BBM Anda, lalu pilih forgot password.
  5. BlackBerry akan mengirimkan link ke email Anda untuk mengganti password BlackBerry ID, pastikan Anda menggunakan password yang sulit untuk ditebak.
  6. Setelah selesai mengganti password, masuk ke menu setting BBM dan ganti password BlackBerry ID sesuai dengan password yang baru.
  7. Selamat mencoba!

 

36 KOMENTAR

    • Kalo misalnya id nya udah dicoba berulang kali tapi tidak bisa ditembus gimana bang ,dan nulis karakter dri bbm id pun tidak bisa gimana itu min

  1. Saya baru aja kejadian, bbm saya ky nya di hack ciri2nya sama seperti yang di sebutkan di atas. Tolong gimana solusi nya?

  2. Maksudny buat akun apa ya? Saya dah temuin org yg ambil blackberry id saya, dya sudah rubah emailnya. Cara saya ambil kembali bgmn ya, mohon bantuannya

  3. Mohon bantuannya temen2, bbm saya kena Hacker,, sudah sukses ganti email dan tinggal 1 langkah untuk masuk lagi ke BBM.. “Masukkan Jawaban”.. Yg harus saya jawab apa? Mohon bantuannya..

    • Mbak ayu atau siapa saja yg bisa mengahapus akun bbm sy krn Sy udah di hack oleh penipuan tolong bantu ya ini pin sy 5cfdd1c9 terimakasih banyak

  4. Kk mau tanya, bbm saya tuh terkunci nah cara mbalikinnya kan harus forgot password,nah email saya tuh email emailan(bukan email asli) terus cara mbenerinnya gmn? Saya udah coba bikin email di yahoo tapi pake nama email tsb ndak bisa,gmn ya?

  5. Akun Bbid saya udah di hapus sesuai caranya mba ayu dan mas agung terapi ko bbmnya masih aktif ya dan masih bisa bc
    Padahal saya cek bbid yg baru yg di kirim ke email lama udah terhapus
    Thks

  6. saya sudah mencobanya. Tapi saat saya masuk dengan email yg dia buat baru. Ternyata tidak ditemukan email dengan nama itu. Itu bagaimana ya mbak

  7. Saya udh bikin akun email dg bb id yg sudah diganti sm hacker.
    Tp kok ga ada inbox pmberitahuan dr blackberry untuk.hapus akun ya?

  8. Baru saja bbm sya d hack..
    Trz gmna cara y agar bbm saya yg lama terhapus atau tidak bisa dpakai lagi sma orang yg ngehack itu ??

  9. gan klo akunya di hapus itu kontak” nya hilang semua atau gimana ya gan ?? , tolong di jawab karena akun saya di hack dan tertera tulisan pertanyaaan yaitu “kapan kont*l saya ngaceng” tolong d respon bang penting

  10. Mas/mba tolong akun bbm saya di hack oleh seseorang untuk menipu, temen saya udh 2 orang ketipu. Gimana caranya ya? Email bbm saya : mars_farhan@yahoo.com

  11. Comment:
    bbm aku kena hack, minta tolong dhapus pin lama nya, skrg bkin baru gmana biar aman gk kna hack lg….mohon bantuannya

  12. Sob gimana nhi bbm aku baru baru sudah di hecker
    Mohon bantuan sob cara mengembalikan bbm aku yang di hecker

  13. mohon bantuannya Kakak, bbm saya baru kena Hack juga dengan nomor PIN BB D91D96FE.
    mohon bantuannya kak di report spy bs didelete ID nya. karena diabuat jualan dengan orgnya.
    Sekali lagi mohon bantuannya ya Kak.
    Terima Kasih banyak.

  14. mb ayu mau tanya kalau di trash nya gak ada pesan dari donotreply tentang penggantian email BBID ke email yang baru gimana??

  15. Saya sudah mengikuti langkah diatas dengan mmbuat akun emial yg hacker buat random, tapi tidak ada pesan di kotak masuk ataupun ditrash

  16. Akun bbm saya kemarin dihack, diganti emailnya. Emailnya ternyata sudah ada yg punya. Bagaimana ini? Akun saya dibuat penipuan jualan juga 🙁

  17. Mhon bantuan nya bbm saya di hack , email dan sandi sudah diganti , terus saya ttup akun nya lwat email yg lama dan gak ada pertanyaan ny juga tapi bisa
    Pertanyaan saya apa bisa kita tutup aku bbm kita walau pun email dan sandi nya sudah di ganti ??

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI