Mainkan Game PSP di Android? Bisa!

Telset.id – Smartphone sekarang hadir dengan sokongan hardware yang mumpuni. Hal itu membuat smartphone memiliki kapabilitas untuk menjalankan game-game yang berat. Namun dengan kemapuan itu, tidak menjadikan kita meninggalkan game klasik. Contohnya adalah game yang berjalan di platform PSP.

Kita mungkin pernah berpikir apakah mungkin permainan PSP dijalankan di Android? Nah hal itu sekarang dapat dilakukan. Jadi jika ingin mengenang masa lalu saat memainkan PSP, sekarang dengan bermodalkan smartphone Android pun bisa dilakukan.

Tim Telset.id akan memberikan cara bagaimana memainkan game PSP di Android. Perhatikan dan ikuti tipsnya berikut ini:

PSP Emulator

Terdapat banyak PSP emulator yang tersedia di Google Play Store, namun tidak semuanya berjalan dengan baik. Pada tutorial ini, kami menggunakan PPSSPP emulator atau aplikasi yang bersifat open-source. Aplikasi ini dapat dijalankan dengan baik di Android, dan yang terpenting adalah gratis. Memang ada versi berbayarnya, namun hanya untuk menghilangkan iklan dan memberikan ikon emas untuk Anda.

Anda dapat mengunduh PPSSPP dari Google Play Store. Aplikasi ini dapat dijalankan di versi Android 2.3 ke atas. Aplikasi ini tidak serta merta mengubah smartphone Anda menjadi seperti PSP, jadi Anda perlu menambahkan data ISO atau CSO ke dalam ponsel Anda untuk mulai memainkannya.

Dapatkan Data ISO dari Game PSP

Untuk dapat memainkan permainan PSP di PPSSPP, Anda diharuskan untuk membuat data ISO dari PSP Universal Media Disk (UMD). Sebenarnya, proses tersebut tidaklah sulit dan juga legal asalkan digunakan untuk kebutuhan sendiri (tidak untuk dijual).

Pada halaman FAQ PPSSPP, Anda akan menemukan informasi yang dibutuhkan untuk membuat data ISO dari PSP UMD. Ikuti saja instruksinya dan salin ke ponsel Android dengan menggunakan PC.

Menggunakan PPSSPP

Nah, jika sudah memiliki data ISO di ponsel Android, jalankan PPSSPP, dan tekan tab Games. Di sini Anda akan disuguhkan folder yang terdapat di ponsel Anda. Selanjutnya adalah temukan data ISO dan tekan data tersebut untuk memainkannya.

Play-PSP-Games-On-Android (2)

Tombol game akan muncul di sebelah kiri dan kanan layar. Memang sedikit berbeda daripada ketika Anda memainkannya di PSP. Tapi, setidaknya Anda menemukan alternatif lain kan?

Play-PSP-Games-On-Android (4)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Oh Tidak! Update Firmware Malah Datangkan Bugs di AirPods Pro

Telset.id, Jakarta - Adalah hal yang lumrah jika update firmware membawa perubahan terbaru pada perangkat teknologi - dalam hal...

Laptop Pertama dengan Snapdragon 7c Resmi Diluncurkan

Telset.id, Jakarta - Bersamaan dengan diperkenalkannya Snapdragon 865 akhir tahun 2019 lalu, Qualcomm juga turut mengumumkan kehadiran mobile platform...

Sempat Dirahasiakan, Ternyata Segini Harga Samsung Galaxy A71

Telset.id, Jakarta - Samsung baru saja memperkenalkan dua smartphone teranyarnya di tanah air, Samsung Galaxy A51 dan Galaxy A71....

Lebih Bertenaga, Apple Siapkan Bionic A14 untuk iPhone Terbaru

Telset.id, Jakarta - Tahun baru sama artinya dengan perangkat baru. Setidaknya itulah tradisi yang dianut oleh hampir semua pembuat...

Main Pokemon Go Bisa Turunkan Berat Badan Hingga 63,5 Kg?

Telset.id, Jakarta - Berat badan turun akibat main game, sebagian dari kita mungkin merasa ini sebagai sesuatu yang tidak...
- Advertisement -