Mainkan Game PSP di Android? Bisa!

Telset.id – Smartphone sekarang hadir dengan sokongan hardware yang mumpuni. Hal itu membuat smartphone memiliki kapabilitas untuk menjalankan game-game yang berat. Namun dengan kemapuan itu, tidak menjadikan kita meninggalkan game klasik. Contohnya adalah game yang berjalan di platform PSP.

Kita mungkin pernah berpikir apakah mungkin permainan PSP dijalankan di Android? Nah hal itu sekarang dapat dilakukan. Jadi jika ingin mengenang masa lalu saat memainkan PSP, sekarang dengan bermodalkan smartphone Android pun bisa dilakukan.

Tim Telset.id akan memberikan cara bagaimana memainkan game PSP di Android. Perhatikan dan ikuti tipsnya berikut ini:

PSP Emulator

Terdapat banyak PSP emulator yang tersedia di Google Play Store, namun tidak semuanya berjalan dengan baik. Pada tutorial ini, kami menggunakan PPSSPP emulator atau aplikasi yang bersifat open-source. Aplikasi ini dapat dijalankan dengan baik di Android, dan yang terpenting adalah gratis. Memang ada versi berbayarnya, namun hanya untuk menghilangkan iklan dan memberikan ikon emas untuk Anda.

Anda dapat mengunduh PPSSPP dari Google Play Store. Aplikasi ini dapat dijalankan di versi Android 2.3 ke atas. Aplikasi ini tidak serta merta mengubah smartphone Anda menjadi seperti PSP, jadi Anda perlu menambahkan data ISO atau CSO ke dalam ponsel Anda untuk mulai memainkannya.

Dapatkan Data ISO dari Game PSP

Untuk dapat memainkan permainan PSP di PPSSPP, Anda diharuskan untuk membuat data ISO dari PSP Universal Media Disk (UMD). Sebenarnya, proses tersebut tidaklah sulit dan juga legal asalkan digunakan untuk kebutuhan sendiri (tidak untuk dijual).

Pada halaman FAQ PPSSPP, Anda akan menemukan informasi yang dibutuhkan untuk membuat data ISO dari PSP UMD. Ikuti saja instruksinya dan salin ke ponsel Android dengan menggunakan PC.

Menggunakan PPSSPP

Nah, jika sudah memiliki data ISO di ponsel Android, jalankan PPSSPP, dan tekan tab Games. Di sini Anda akan disuguhkan folder yang terdapat di ponsel Anda. Selanjutnya adalah temukan data ISO dan tekan data tersebut untuk memainkannya.

Play-PSP-Games-On-Android (2)

Tombol game akan muncul di sebelah kiri dan kanan layar. Memang sedikit berbeda daripada ketika Anda memainkannya di PSP. Tapi, setidaknya Anda menemukan alternatif lain kan?

Play-PSP-Games-On-Android (4)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI