Google Uji Coba Metode Login Tanpa Password

Google login tanpa password
Screenshot proses login tanpa password yang diposting Rohit Paul di Reddit.

JAKARTA – Google mulai mengujicoba metode sign-in ke akun Google di semua perangkat tanpa harus memasukkan password. Raksasa mesin pencarian ini mengundang beberapa pengguna untuk ikut berpartisipasi dalam uji coba tersebut.

Pemilik Android, Rohit Paul, adalah salah satu orang yang diundang Google. Paul memposting tulisan hasil uji coba tersebut di Reddit. Dia memperlihatkan screenshot proses login tanpa password yang dbuat Google.

Paul menuturkan, bahwa langkah pertama adalah melakukan pengesahan perangkat mobile. Anda dapat memasukan credentials account di komputer manapun dan menerima pemberitahuan pada smartphone Anda.

Untuk dapat menggunakan metode baru ini, syaratnya perangkat smartphone Anda harus memiliki beberapa fitur kunci keamanan layar (lockscreen), seperti PIN, password, pola, atau sidik jari.

Karena nantinya metode ini akan menggunakan beberapa pilihan fitur lockscreen untuk menyetujui atau menolak akses ke account Anda. Namun Anda masih diberi pilihan untuk login dengan password yang biasa Anda gunakan.

Google juga mengatakan metode baru ini dapat menonaktifkan perangkat smartphone Anda yang hilang. Sejumlah aplikasi juga disiapkan Google untuk memperkuat sistem keamanan di perangkat smartphone yang sering menjadi incaran hacker.

Google sepertinya sadar bahwa sistem password sudah tak aman lagi untuk digunakan. Bahkan cara konvensional ini menjadi pintu masuk yang paling sering digunakan hacker untuk melancarkan aksi mereka.

Uji coba ini sekaligus bertujuan untuk memperlihatkan sejumlah inisiatif Google dalam meningkatkan sistem keamanannya. Google mengklaim saat ini memiliki salah satu layanan otentikasi dua faktor yang paling kuat dibandingkan perusahaan raksasa teknologi lainnya.

Itu artinya, jutaan pemilik akun Google sekarang bisa masuk di web menggunakan kode yang dikirimkan kepada mereka melalui pesan teks.

Google juga memiliki aplikasi Authenticator, yang menghasilkan kode unik pada perangkat mobile Anda untuk mengkonfirmasi identitas Anda ketika masuk ke Google dan layanan web pihak ketiga pada komputer.

Pada bulan April, perusahaan merilis fitur ‘Password Alert Chrome’, yakni ekstensi yang dirancang untuk memberitahu pengguna ketika mereka mungkin menggunakan password mereka ke situs web non-Google.

Menariknya, meski mengklaim memiliki sistem keamanan paling kuat, namun metode login tanpa password ini sejatinya meniru Yahoo, yang pada bulan Oktober lalu mengumumkan fitur keamanan yang disebut Yahoo Key Account.

[Baca juga: Buka Akun Gmail, Outlook, Aol Bisa di Yahoo Mail]

Fitur baru di Yahoo Mail ini memungkinkan Anda membuka Gmail melalui Yahoo, tanpa harus masuk ke Google. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi harus membuka beberapa tab atau aplikasi untuk membuka satu per satu akun email yang Anda miliki.

Semua fitur unggulan Yahoo, bisa digunakan di Gmail jika Anda masuk melalui Yahoo Mail. Kini Google mengikuti langkah Yahoo untuk menerapkan metode login yang sama. [HBS]

 

 

SourceThe Verge

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI