ZUK Z1 Mulai Debut Internasional di Dubai

ZUK Z1 whiteJAKARTA – Setelah diluncurkan pertama kali pada Agustus lalu di Tiongkok, smartphone ZUK Z1 memulai debutnya untuk pasar global dalam sebuah acara khusus yang digelar di Dubai tanggal 26 Oktober 2015.

Perhelatan yang digelar di Dubai ini disebutkan merupakan salah satu dari rangkaian acara yang diadakan untuk memperkenalkan produk versi internasional ZUK dengan menggandeng perusahaan di luar Tiongkok. Untuk acara di Dubai, ZUK menggandeng Comtel, retailer Timur Tengah.

Mungkin belum banyak yang tahu tentang ZUK, karena namanya memang masih asing ditelinga kita di Indonesia. ZUK adalah smartphone yang dibuat oleh Shenqi Gongchang, manufaktur yang mayoritas sahamnya dimiliki Lenovo dan perusahaan perangkat lunak China 360. ZUK bisa dibilang bagian dari Lenovo dengan merek berbeda.

ZUK merupakan senjata lain yang disiapkan Lenovo untuk menggempur pasar Tiongkok yang kini disesaki vendor-vendor lokal maupun global seperti Samsung dan Apple. Dengan dukungan Lenovo, tentunya ZUK tidak bisa dipandang sebelah mata sebagai pemain baru.

Selain Lenovo yang telah memiliki nama besar di tingkat global sebagai pabrikan laptop, ZUK juga didukung perusahaan software China 360. Nama terakhir ini bahkan dilaporkan telah mengalokasikan dana sebesar USD 409 juta dalam usaha gabungan ini. Itu artinya, salah besar jika ZUK dianggap sebagai pesaing biasa. Sebaliknya, ini adalah perusahaan dengan bisnis yang serius.

Masuk ke dalam industri smartphone yang kian ketat, ZUK coba menawarkan produk yang memiliki perbedaan dengan produk pesaing. Z1 merupakan smartphone perdana ZUK yang masuk ke dalam kategori flagship yang diperkenalkan pertama kali untuk pasar Tiongkok.

Kini ZUK mulai membawa smartphone perdananya itu ke pasar global. Perbedaan mendasar untuk versi global dengan versi Tiongkok adalah penggunaan Cyanogen OS 12.1. Secara desain, perangkat ini nampak mirip seperti iPhone 6 dengan layar berukuran 5,5 inci dan bingkai logam.

Produk ini memiliki spesifikasi yang cukup high-end. Layarnya seluas 5,5 inci memiliki resolusi 1080p, prosesor quad-core 2.5GHz Qualcomm Snapdragon 801, 3GB RAM, penyimpanan sebesar 64GB, dan baterai dengan kapasitas yang lumayan besar 4.100 mAh.

Pada bagian kameranya, Z1 dibekali kamera belakang 13 megapixel, kamera depan 8 megapixel, dan beroperasi dengan Android 5.1.1 Lollipop yang kemungkinan akan mendapatkan update ke Android 6.0 Marsmallow. Untuk lebih menarik konsumen, Zuk juga telah dilengkapi sensor sidik jari, konektor USB 3.0 Tipe-C, dan konektivitas sudah 4G LTE.

Saat ini Z1 baru tersedia di beberapa pasar terpilih di beberapa negara . Bagi Anda yang tertarik dapat juga memesan di AliExpress yang menawarkan harga USD 279.99 atau sekitar Rp 3,7 juta, harga tersebut lebih rendah dibanding harga pasar USD 349.99 atau sekitar Rp 4,7 juta.

Menurut informasi yang Telset terima, ZUK akan segera memboyong Z1 ke pasar Indonesia dalam waktu dekat, bekerjasama dengan Blibli.com. Kemungkinan smartphone dengan Cyanogen OS 12.1 berbasis Android 5.1.1 Lollipop ini akan meluncur di Tanah Air pada bulan awal Desember nanti. [HBS]

Spesifikasi ZUK Z1:

ZUK Z1 Spech

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Realme Masuk Top 5 Pasar Ponsel Asia Tenggara

Telset.id, Jakarta – Menurut laporan terbaru dari Counterpoint Research Market Monitor Q1 2020, realme berhasil meraih peringkat Top 5...

iOS 14 Bawa Fitur Terjemahan untuk Browser Safari

Telset.id, Jakarta  - Apple kabarnya menghadirkan fitur terjemahan bawaan (default) untuk Safari dalam pembaruan iOS 14. Selama ini, Apple...

Resmi, Ini Harga Samsung Galaxy A11 dan A21s di Indonesia

Telset.id, Jakarta - Samsung resmi meluncurkan dua smartphone entry level terbaru mereka di tanah air yaitu Galaxy A11 dan...

7 Game Nintendo Switch Gratis Terbaik 2020

Telset.id - Nintendo Switch menyediakan beragam game menarik bagi penggunanya. Meski sebagian besar game mesti Anda beli, tapi ada...

Atasi Jailbreak, Apple Rilis iOS 13.5.1 dan iPadOS 13.5.1

Telset.id - Apple akhirnya merilis update OS terbarunya yaitu iOS 13.5.1, iPadOS 13.5.1, dan watchOS 6.2.6, dimana update ini...
- Advertisement -