Makin Mudah, T-Cash Sekarang Pakai Teknologi NFC

Telkomsel launching New TCASHJAKARTA – Layanan mobile money milik Telkomsel, T-Cash, terus dikembangkan menjadi lebih baik dengan mendapatkan upgrade teknologi baru. T-Cash kini memiliki fitur baru yang menggunakan teknologi Near Field Communication (NFC), shingga transaksai akan semakin mudah.

Dengan teknologi NFC yang dikembangkan dalam New T-Cash, transaksi mobile money, baik untuk tarik tunai maupun belanja, akan semakin mudah digunakan oleh para pengguna Telkomsel via ponsel.

Pelunucuran ini juga disebutkan sebagai bagian dari dukungan Telkomsel atas penggunaan produk uang elektronik kepada lebih banyak lagi masyarakat, khususnya di dalam mendukung upaya pemerintah dalam mencapai tujuan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

“Untuk mendukung terbentuknya masyarakat digital Indonesia, kami terus melakukan berbagai inovasi yang dapat memberikan kemudahan dan dampak sosial yang positif,” kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah dalam keterangannya, Kamis (15/10/2015).

Ririek mengungkapkan, bahwa New T-Cash menunjang gaya hidup digital pelanggan dan juga mendukung pemerintah Indonesia di dalam membangun GNNT dan mempercepat inklusi keuangan.

“Pada waktunya kami juga berharap dapat mengembangkan T-Cash sebagai layanan keuangan yang lebih luas dari fasilitas pembayaran, melalaui kerjasama dengan bank,” imbuhnya

Ririek lebih lanjut menjelaskan, bahwa Telkomsel mendukung kampanye GNNT yang dicanangkan oleh pemerintah. T-Cash sebagai produk uang elektronik dapat memberikan akses keuangan kepada masyarakat dari perkotaan ke pedesaan, termasuk masyarakat yang belum terlayani lembaga keuangan resmi (unbanked).

Sebagai operator selular terbesar di Indonesia dengan jangkauan yang luas hingga ke lebih dari 95% populasi, Telkomsel yakin dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk membuat visi pemerintah menjadi kenyataan.

Saat ini Telkomsel memiliki lebih dari 149 juta pelanggan dan 400.000 jaringan distribusi. Hal ini menjadikan Telkomsel sebagai operator seluler yang memiliki potensi besar untuk menjangkau berbagai tingkatan masyarakat di berbagai wilayah.

Telkomsel saat ini bekerja sama dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) untuk mengeksplorasi kelayakan teknologi NFC yang digunakan T-Cash sebagai metode alternatif untuk mekanisme distribusi dana bantuan pemerintah dan subsidi.

“Pemerintah membutuhkan terobosan agar penyaluran bantuan sosial dan subsidi lebih efektif dan efisien, sehingga dapat dapat menjangkau masyarakat penerima manfaat dalam jumlah yang tepat, waktu yang singkat dan biaya distribusi yang minimal,” kata Bambang Widianto, Sekretaris Eksekutif TNP2K.

Di samping itu, tambahnya, pemerintah juga ingin memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para penerima manfaat program dan subsidi pemerintah.

“Melalui layanan keuangan digital, diharapkan penerima manfaat dapat menerima dana bantuan dan subsidi tanpa perlu antri dan mengeluarkan biaya transportasi yang besar,” ujarnya.

Dengan lisensi dari Bank Indonesia, T-Cash kini hadir dengan teknologi NFC, yang dinamakan TCASH TAP. Hal ini akan memberikan kemudahan dan pengalaman unik, karena dapat digunakan di semua jenis ponsel baik feature phone maupun smartphone.

Penggunaan layanan ini amat mudah, cukup dengan menempelkan sticker NFC ke ponsel, mengaktifkan layanan, dan pelanggan dapat melakukan ‘TAP’ di mesin NFC merchants. Transaksi T-Cash pun sangat aman karena menggunakan PIN 6 digit PIN.

Beberapa merchant yang telah menggunakan layanan T-Cash diantaranya Coffee Bean, Baskin Robbins, Wendy’s, McDonald’s, Bakmi GM, 7Eleven, Indomaret dan Cinema XXI.

Pada saat ini di Jabodetabek, T-Cash TAP telah diterima di lebih dari 1.000 outlets merchant dan kedepannya akan dikembangkan ke kota-kota lain hingga dapat menjangkau secara nasional.

“Kami terus mengembangan produk yang memiliki fokus pada pengalaman pelanggan dan pengembangan fitur. Kami berharap, T-Cash dapat menjadi standar nasional dalam pembayaran digital,” tutup Ririek. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI