Samsung Bikin Game Tuner untuk Cegah Lag

Samsung Game Tuner appJAKARTA – Berkembangnya perangkat smartphone Android dengan layar yang semakin besar, telah memberikan kenyamanan tersendiri bagi para penikmat game. Namun, layar besar saja tak cukup, karena Anda harus memperhitungkan kemampuan smartphone tersebut dalam menjalankan game canggih tanpa crash. Bagaimana caranya?

Spesifikasi yang mumpuni dari sebuah smartphone kategori flaghip tentulah sangat dipertimbangkan oleh para pengguna ponsel Android. Khusus bagi penggila game, spesifikasi paling mutakhir  akan membantu mereka mendapatkan kenyamanan saat memainkan sebuah game.

Namun, seperti sudah banyak diketahui, konsekuensi dari memainkan game-game berat dengan kualitas grafis terbaik, akan berimbas pada cepat terkurasnya baterai ponsel dibanding saat penggunaan biasa.

Masalah semakin bertambah saat Anda memainkan game di perangkat smartphone dengan display yang memiliki tingkat resolusi Full HD atau 2K. Masalah yang sering muncul adalah smartphone cepat terasa panas dan mengalami lag atau bahkan crash di tengah-tengah permainan. Saat mengalami masalah seperti itu, tentulah sangat menjengkelkan, bukan.

Samsung punya cara untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan tersebut. Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini merilis sebuah aplikasi khusus untuk produk-produk smartphone flagship mereka dengan nama Game Tuner.

Seperti dilansir dari Android Police, Rabu (14/10/2015), aplikasi Game Tune ini dirancang untuk para gamers yang ingin menyesuaikan permainan mereka agar lebih mudah dikelola.

Dengan aplikasi Game Tuner ini, pengguna smartphone Samsung akan memiliki kemampuan untuk mengatur kualitas grafis dari game yang dimainkan, mulai dari frame rate maksimum dan juga scaling tingkat resolusi.

Misalkan Anda memainkan game Hearthstone di Galaxy S6 Edge Plus yang dijalankan dengan kualitas grafis native Full HD 1080p, dengan memakai Game Tuner, Anda bisa meningkatkan kualitas grafisnya menjadi 1440p alias 2K.

Penggunaan aplikasi Game Tuner juga akan berdampak pada drastisnya konsumsi energi baterai, atau bahkan menurunkannya menjadi 2x tingkat di bawahnya yaitu 480p.

Frame rate-nya juga bisa disesuaikan agar dari 15fps atau 60fps, tergantung selera Anda. Pengoperasiannya pun sangat mudah, karena Anda bisa mengatur agar satu settingan bisa digunakan untuk semua game atau memilih preset khusus untuk tiap game.

Saat ini aplikasi Game Tuner baru bisa digunakan untuk perangkat Samsung model Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus, sementara Galaxy S6 dan S6 Edge akan segera menyusul.

Nah, bagi Anda pengguna Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Plus yang tertarik ingin mencoba aplikasi menarik ini, bisa langsung mengunduhnya di Google Play Store, atau bisa juga via APK Mirror. Selamat mencoba. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Vivo X50 Pro & X50 Pro+ Meluncur dengan Kamera 50MP dan Micro Gimbal

Telset.id, Jakarta – Setelah muncul berbagai bocorannya di seminggu terakhir, Vivo akhirnya mengumumkan keluarga smartphone X50 series, yakni vivo...

Xiaomi Mi Band 5: Bisa Remote Control Kamera dan NFC

Telset.id – Xiaomi Mi Band 5, pelacak kebugaran atau fitness tracker generasi terbaru dari Xiaomi akan diluncurkan pada 11...

Kecam Rasialisme, Bos Apple Kutuk Pembunuhan George Floyd

Telset.id, Jakarta – Kasus pembunuhan George Floyd oleh seorang oknum polisi di kota Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat (AS) telah...

Razer Blade 15 Studio Edition: Spesifikasi Upgrade dengan Intel 10th Gen

Telset.id - Razer dikenal kerap menghadirkan perangkat PC gaming yang mumpuni. Meski demikian, mereka ternyata juga punya produk untuk...

7 Earbuds TWS Terbaik 2020, Harga Mulai Rp 800 Ribuan

Telset.id - Earphone berjenis TWS (True Wireless Stereo) kini makin marak beredar di pasaran. Membuat pengguna memiliki banyak pilihan...
- Advertisement -