Nexus 5X Resmi Melenggang dengan Marshmallow

LG Nexus 5X releaseJAKARTA – Google resmi mengumumkan seri Nexus terbaru, yaitu LG Nexus 5X, hari ini, Rabu (30/9/2015) waktu setempat. Penenrus LG Nexus 5 ini hadir dengan sejumlah upgrade penting dengan penambahan fitur-fitur baru, dan sebagai perangkat pertama yang menjalankan Android 6.0 Marshmallow, keluarga seri terbaru Android.

Fitur utama yang bakal menjadi sorotan LG Nexus 5X tentu saja pada kehadiran Android 6.0 Marshmallow. Generasi terbaru smartphone Google Nexus ini hadir dengan spesifikasi layar 5,2 inci dengan tingkat resolusi Full HD 1920×1080, prosesor hexa-core Snapdragon 808 2.0GHz, LPDDR3 RAM 2GB.

Sementara untuk bagian kameranya, LG Nexus 5X dibekali kamera belakang 12,3 MP dengan lensa f/2.0 serta ukuran pixel 1,55 micron, kamera selfie 5MP dengan lensa f/2.2, memori internal 16/32GB, dan kapasitas baterai sebesar 2700mAh.

Fitur baru yang ditambahkan LG ke dalam Nexus 5X, yakni sepasang speaker di bagian depan, sensor sidik jari di bagian belakang, serta port USB-Type C. Dengan penambahan ketiga fitur baru tersebut, Nexus 5X bisa dibilang sejajar dengan sejumlah flagship baru yang ada saat ini.

Namun sayangnya, ada tiga fitur penting yang justru dibuang oleh LG, yaitu yaitu slot microSD card, dukungan untuk wireless charging, juga teknologi OIS untuk kamera. Diperkirakan akan banyak pengguna yang mengeluhkan hilangnya ketiga fitur tersebut.

Di sektor kamera, LG memperkuat smartphone buatannya ini dengan membekalinya dengan sensor 12,3MP dengan lensa f/2.0 yang ukuran pixelnya 1,55 micron. Ukuran ini jauh lebih besar dibandingkan ukuran pixel di berbagai produk flagship saat ini, termasuk iPhone 6s maupun Galaxy S6 Edge+.

Tak hanya itu, Google juga memperkenalkan sejumlah fitur baru dalam aplikasi kamera yaitu kemampuan merekam video super slow motion dengan tingkat kecepatan 120fps, dan juga mode burst shot baru untuk memungkinkan pengguna menciptakan animasi GIF; kemungkinan mirip seperti Live Photos dari Apple.

Dan untuk pertama kalinya Google menghadirkan API native untuk sensor pemindai sidik jari di Android pada Nexus 5X. Lewat fitur ini, pengguna bisa langsung membuka kuncian di layar display langsung dengan menyentuh sensor sidik jari di bagian belakang.

Pengguna tidak harus menyalakan layar terlebih dahulu, jika ingin menggunakan fitur ini. Berbeda dengan Apple dan Samsung, dimana pengguna harus meng-unlock layar dan meng-unlock ponsel itu sendiri.

Nah, yang tak kalah penting adalah soal harganya. LG Nexus 5X dibanderol seharga USD 379 atau sekitar Rp 5,5 juta untuk model 16GB . Sementara untuk model 32GB dipatok pada harga USD 429 atau sekitar Rp 6,2 juta (kurs USD 1 = Rp 14.639). [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI