Apple Rilis iPad Pro, Tablet Jumbo 12,9 Inchi

iPad Pro 12,9 inchi specJAKARTA – Rumor tentang Apple membuat tablet berukuran besar sudah santer beredar sebelumnya, dan nyatanya kabar itu tidak cuma sebatas rumor. Pada sebuah acara yang digelar di San Francisco, Rabu (9/9/2015), Apple memperkenalkan iPad berukuran jumbo, yakni 12,9 inchi.

Baru kali pertama Apple merilis iPad berukuran super jumbo. Sebelumnya raksasa dari Cupertino ini meluncurkan dua varian tablet, iPad Air dengan ukuran 9,7 inchi dan iPad Mini dengan bentang layar 7,8 inchi. Lompatan besar diambil Apple dengan meluncurkan iPad Pro yang memiliki layar berukuran 12,9 inchi.

“Kami menciptakan perangkat paling powerful yang pernah dibuat Apple. Lebih powerful dan berkinerja mumpuni,” kata Tim Cook, CEO Apple di acara peluncuran iPad Pro.

Saat mempresentasikan iPad Pro di atas panggung di Bill Graham Civic Auditorium, Senior Vice President Worldwide Marketing Apple, Phil Schiler menjelaskan kenapa Apple membuat iPad dengan ukuran layar lebih besar.

“Perangkat ini (iPad Pro) bisa melakukan berbagai hal yang tidak bisa dilakukan smartphone karena tak harus muat di kantong. Perangkat ini juga bisa melakukan hal-hal yang tak bisa dilakukan laptop karena Anda akan membawanya sepanjang hari,” jelas Schiller.

Secara ukuran, bodi besar iPad Pro terlihat seperti Macbook Air. Dengan ukuran layar yang besar, iPad Pro memiliki resolusi yang sangat tinggi juga, dimana jumlah pixel mencapai 5,6 juta. Jumlah pixel tersebut bahkan lebih tinggi dari MacBook Pro with Retina Display.

Meski berukuran jumbo, namun desainnya cukup tipis, yakni hanya 6,9 mm atau hanya berbeda 0,8 dari iPad Air 2. Sedangkan bobotnya 0,45 gram, sedikit lebih berat dibanding iPad pertama.

iPad Pro display

Dengan ukuran diagonal lebih panjang dari iPad Air, pengguna akan bisa memakai perangkat ini dalam posisi landscape dan menjalankan aplikasi dengan bentang layar yang lebih luas, seakan memakai dua iPad Air dalam satu perangkat.

Bagaimana dengan spesifikasi jeroannya? iPad Pro dipacu dengan chip 64-bit terbaru Apple A9X yang diklaim dua kali lebih kencang dibandingkan prosesor A8X yang digunakan iPad Air 2. Apple mengklaim kinerja CPU 22 kali lebih cepat. Sedangkan GPU 360 kali lebih cepat. “iPad Pro bahkan lebih cepat 80% dibanding portable PC,” jelas Schiller.

Spesifikasi lainnya, iPad Pro dibekali baterai yang diklaim mampu bertahan 10 jam, dan empat buah speaker. Apple juga merilis aksesoris tambahan berupa keyboard fisik seperti yang digunakan tablet Surface Pro.

Aksesoris lainnya adalah stylus bernama Apple Pencil. Perangkat stylus ini dilengkapi sensor untuk mendeteksi posisi, tekanan dan kemiringan, sangat cocok untuk kebutuhan mendesain dan menggambar.[HBS]

 

 

SourceThe Verge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Susah “Move On”, Huawei Ingin Balikan dengan Google

Telset.id, Jakarta - Bos Huawei, Richard Yu menyatakan bahwa pihaknya masih memendam keinginan untuk dapat kembali menggunakan lisensi Google...

Bukan Ponsel Flagship, LG G Series akan Ganti Nama

Telset.id, Jakarta - LG G series sejatinya smartphone yang menjadi andalan LG. Namun menurut informasi dari sumber di Korea Selatan...

Ada 2, Begini Cara Aktifkan Fitur OSIE di Oppo Reno3

Telset.id, Jakarta - Oppo memperkenalkan teknologi bertajuk OSIE di badan Oppo Reno3. OSIE sendiri, yang merupakan akronim dari Oppo...

Huawei P40 Pro jadi Smartphone Kamera Terbaik Versi DxOMark

Telset.id, Jakarta - Huawei P40 Pro dinobatkan sebagai smartphone dengan kamera terbaik saat ini oleh DxOMark. Huawei P40 Pro mendapatkan skor...

Apple Watch Anyar Bakal Punya Fitur Blood Oxygen

Telset.id, Jakarta - Apple digadang-gadang tengah menggarap Apple Watch generasi ke-enam. Salah satu penambahan fitur yang ada pada smartwatch...
- Advertisement -