Galaxy Note 5 Langsung Tancap Gas di AnTuTu

20354128460_5ea4d4816f_zJAKARTA – Selepas resmi diperkenalkan kemarin (13/8/2015) di ajang Samsung Galaxy Unpacked 2015, Galaxy Note 5 langsung tancap gas di AnTuTu. Penerus Galaxy Note 4 ini langsung nangkring di puncak benchmark, menyamai saudara tuanya, Galaxy S6. Hasil ini membuktikan chipset octa-core Exynos buatan Samsung memang powerful.

Menilik sejarahnya, dalam beberapa tahun terakhir Samsung memang cukup mendominasi test benchmark lewat beberapa model smarpthone flagship-nya, mulai dari Galaxy S6, Galaxy S6 Edge, hingga Galaxy S6 Active.

Keperkasaan perangkat Samsung di pentas benchmark tak lepas dari keampuhan chipset octa-core Exynos buatan mereka yang terbukti powerful. Keperkasaan itu seperti bakal kembali diteruskan sang jagoan baru Galaxy Note 5.

Meski berbeda dengan generasi Galaxy Note sebelumnya yang selalu mendapatkan upgrade kecil dari sisi hardware saat diluncurkan, kali ini Galaxy Note 5 justru masih menggunakan prosesor yang sama dengan yang digunakan Galaxy S6.

Namun di situlah sumber kekuatan Galaxy Note 5 berasal. Phablet ini menggunakan prosesor octa-core yang sama dengan Galaxy S6, yaitu Exynos 7420 dengan proses teknologi pembuatan FinFET 14 nm.

Rahasia kekuatan dari chipset ini terletak pada empat core Cortex-A57 2.1 GHz, dan empat core A53 yang efisien dengan kecepatan proses 1.5 GHz. Yang berbeda di sini adalah bahwa Galaxy Note 5 sudah dilengkapi dengan RAM LPDDR4 dengan kekuatan 4 GB.

Dengan konstruksi dapur pacu seperti itu, maka jangan kaget jika Galaxy Note 5 benar-benar powerful dan lajunya tak tertahankan oleh para pesaingnya. Alhasil, Galaxy Note 5 langsung nangkring di puncak benchmark.

Hasilnya dapat dilihat dari uji benchmark di AnTuTu, dimana Galaxy Note 5 berhasil mencetak skor 69.401 poin. Pencapaian ini menyamai saudaranya, Galaxy S6. Namun hasil ini masih belum dapat terbukti untuk situs benckmarking lainnya.

Tapi perlu diketahui, perangkat yang diuji benchmark di AnTuTu ini masih merupakan unit pra-produksi, yang berarti hasilnya masih belum final. Karena biasanya unit pra-produksi masih akan mendapat sedikit polesan lagi hingga mendapatkan hasil yang sempurna sebelum diluncurkan secara resmi ke pasar.

Itu artinya, bahwa Galaxy Note 5 berpotensi akan mencetak rekor baru dalam skor benchmark saat sudah dirilis secara resmi. Phablet ini dipastikan akan memiliki kecepatan luar biasa dalam menjalankan aplikasi, kontrol navigasi, dan semakin memberikan kenyamanan dengan Android.

Hal ini sejalan dengan komentar yang diberikan oleh orang-orang yang telah bisa melihat secara langsung kemampuan Galaxy Note 5 di ajang Samsung Unpacked kemarin. Phablet berdesain melengkung ini dikatakan sangat cepat dan responsif. Semoga penulis juga akan segera bisa merasakannya nanti.[HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI