Seberapa Penting Ketajaman Warna pada Layar Ponsel?

Microsoft Lumia 540 displayTren pengguna ponsel berukuran layar besar kini kian digandrungi. Banyak yang menganggap ukuran layar yang kian besar memberikan kenyamanan saat melakukan berbagai aktivitas.

Benarkah anggapan demikian? Lalu bagaimana dengan ketajaman warna pada ponsel layar besar dan kecil, apakah yang besar selalu lebih baik?

Ternyata anggapan tersebut tidak benar. Mengingat ketajaman layar tidak bisa dinilai oleh besar kecilnya dimensi layar ponsel atau tablet.

Bagus tidaknya layar ponsel bukan karena ukurannya, tetapi pada sejauh mana ketajaman layar. Ketajaman layar bisa diketahui apakah piksel dalam layar masih terlihat.

Piksel sendiri merupakan unsur gambar dan representasi dari sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis, yang menyusun layar adalah kumpulan piksel-piksel. Semakin tinggi kerapatan piksel, maka tampilan layar ponsel menjadi semakin tajam.

Dalam jarak normal, mata manusia tidak dapat melihat tampilan gambar pada ponsel atau tablet dengan piksel lebih dari 256 ppi (piksel per inci). Sementara dalam jarak pandang dekat mata manusia bisa melihat layar dengan densitas 300ppi dan dalam jarak sangat dekat sekitar 400 ppi.

Semakin besar ppi dalam layar ponsel atau tablet, maka tampilannya akan semakin jernih. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah angka ppi maka kualitas tampilannya kurang bagus. Piksel per inci atau biasa disingkat ppi merupakan satuan ketajaman layar (densitas piksel)

Biasanya ponsel mahal berspesifikasi tinggi menawarkan ketajaman warna yang baik untuk mata. Namun begitu, tidak sedikit juga ponsel berharga murah memiliki tampilan layar yang jernih.

Lagi-lagi, besar kecilnya dimensi layar tidak memengaruhi ketajaman warna. Sebut saja Microsoft Lumia 540 yang memiliki dimensi layar 5,5 inci IPS dengan resolusi 1280×720 piksel dengan densitas 294ppi.

Dibandingkan pendahulunya Lumia seri 5xx lainnya, Lumia 540 memiliki sudut tampilan yang lebih baik dan lebih nyaman bahkan ketika digunakan di tengah paparan cahaya matahari. Bagi mata manusia, densitas piksel 294ppi mamph memberikan tampilan yang bagus, layar jernih, dan piksel tak terlihat.

Densitas piksel yang lebih tinggi membuat Anda tetap nyaman membaca dan menelusuri situs favorit. Meski tergolong sebagai ponsel entry level, namun dengan budget Rp 1,9 juta Anda bisa merasakan sensasi tampilan layaknya yang ditawarkan oleh Lumia 640XL.[EA/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI