Telkomsel Perkirakan Lonjakan Trafik Lebaran Capai 25%

Drive test Telkomsel Dirut Ririek Ardiansyah
Direktur Utama Telkomsel, Ririek Ardiansyah (hbs/telsetnews)

DENPASAR – Telkomsel ‘pede’ menyambut Ramadan dan Lebaran usai melakukan uji jaringan di sejumlah jalur mudik. Tahun ini diperkirakan akan terjadi lonjakan trafik komunikasi mencapai 10 hingga 25 persen saat Lebaran.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Ardiansyah mengatakan bahwa lonjakan trafik akan mencapai puncaknya saat musim mudik dan di hari Lebaran. Layanan Data dipastikan sebagai layanan yang akan mengalami peningkatan paling tinggi.

“Lonjakan trafik layanan data terjadi karena saat ini semakin banyaknya pelanggan yang menggunakan layanan data untuk aplikasi-aplikasi di ponselnya,” katanya saat memaparkan hasil uji jaringan Telkomsel di Denpasar, Bali, Jumat (6/6/2015).

Ririek mengungkapkan, pada masa Ramadan dan Lebaran tahun ini, Telkomsel memprediksi akan terjadi lonjakan trafik di daerah jalur mudik dan tujuan wisata dibandingkan trafik di hari biasa.

Lonjakan trafik akan terjadi terutama pada layanan SMS yang berkisar antara 10 – 20 persen atau mencapai 1,15 miliar SMS. Sedangkan untuk layanan Data diprediksi akan melonjak antara 20 – 25 persen atau menembus 1,6 juta Giga Byte.

Dijelaskan Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi, bahwa sama seperti yang dilakukan di tahun-tahun sebelumnya, kali inipun lonjakan trafik akan diantisipasi dengan ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan.

Di sepanjang jalur utama mudik Sumatera-Jawa-Bali dan beberapa lokasi tujuan mudik di seluruh Indonesia, telah disediakan kelonggaran sebesar 40-60 persen, seperti di Sumatera Selatan dengan kelonggaran kapasitas sebesar 60 persen, Jawa Barat (46%), Jawa Tengah (45%), Jawa Timur (43%), dan Bali (56%).

“Hal ini akan membantu pelanggan untuk tetap dapat terhubung dengan layanan Telkomsel,” ujar Sukardi menjelaskan.

Di lokasi-lokasi yang mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi, Telkomsel akan memaksimalkan kapasitas dan juga menyiagakan sebanyak 62 unit compact mobile base station atau COMBAT dari total 733 unit.

Hingga saat ini Telkomsel telah memiliki 95.000 BTS di seluruh wilayah di Indonesia, dimana sekitar 50 persen diantaranya merupakan BTS 3G yang mampu melayani bandwidth Internet sebesar 427 Gbps.

Untuk meningkatkan layanan Broadband selama periode Ramadhan dan Lebaran, Telkomsel juga melakukan program True Broadband Experience (TrueBEx) yang akan memberikan pelanggan kenyamanan dalam mengakses layanan data.

“Kami akan fokus melakukan perbaikan kualitas dan kapasitas di titik-titik keramaian mengingat lonjakan layanan di lokasi-lokasi tersebut cukup tinggi sehingga perlu diimbangi dengan ketersediaan jaringan dan layanan yang baik,” papar Sukardi.

Telkomsel, menurutnya, telah mengidentifikasi sebanyak 781 titik hotspot, seperti di Public Service, Religion Areas, Mall & Indoor Center, Uniqueness Areas, dan Massive Areas.[HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI