Eksekutif Google Tewas di Everest saat Gempa Nepal

Eksekutif Google, Dan Fredinburg saat mendaki Gunung Everest
Eksekutif Google, Dan Fredinburg saat mendaki Gunung Everest

NEPAL – Sekitar 1.000 orang dikabarkan menjadi korban gempa berkekuatan 7,9 SR yang mengguncang Nepal pada Sabtu (25/4/2015) kemarin. Salah satu orang yang menjadi korban gempa dasyat tersebut adalah eksekutif Google, Dan Fredinburg.

Kabar ini telah dikonfirmasi oleh pihak perusahaan dan juga keluarga korban. Dalam pernyataan resminya disebutkan bahwa Dan Fredinburg yang merupakan seorang eksekutif di Google merupakan salah satu korban tewas tertimbun salju di camp base Gunung Everest yang disebabkan gempa di Nepal.

Fredinburg tewas dalam longsoran salju yang mengubur bagian dari base camp, di mana ratusan pendaki gunung berkumpul untuk memulai musim pendakian. Saat itu manajer proyek Google X tersebut tengah bersiap untuk mendaki Gunung Everest.

Fredinburg meninggal dunia pada Sabtu pagi setelah mengalami cedera yang sangat parah pada bagian kepalanya akibat tertimbun longsor salju dari puncak gunung tertinggi di dunia itu.

Dalam pendakian itu, Fredinburg tidak sendirian, dia bersama tiga orang rekannya yang juga dari Google. Lawrence You, direktur privasi di Google, salah satu rekan Fredinburg yang lolos dari maut saat bencana itu terjadi menuliskan pesan dalam blog pribadinya.

“Sayangnya, kami kehilangan salah satu dari rekan kami dalam tragedi ini. Dan Fredinburg, anggota lama dari organisasi Privasi … itu di Nepal dengan tiga orang Google lainnya, hiking Gunung Everest. Dia telah meninggal,” tulisnya.

Lawrence juga mengabarkan bahwa tiga karyawan Google lainnya yang ikut dalam pendakian itu bersama Fredinburg berhasil selamat. “Kami sedang berupaya memulangkan mereka,” kata Lawrence.

Kabar kematian Fredinburg juga dikonfirmasi oleh adik perempuan Fredinburg, Megan lewat jejaring sosial Instagram.

“Semua cinta dan rasa terima kasih kami ucapkan pada mereka yang telah berbagi kehidupan ini dengan pria lucu berkemauan kuat kesayangan kami,” tulis Megan di akun Instagramnya.

“Hati dan semangatnya akan senantiasa hidup dalam diri kita semua,” tulisnya lagi, seperti dikutip telsetNews dari Reuters, Minggu (26/4/2015).

Kabar kematian Fredinburg juga dibenarkan oleh perusahaan travel pendakian Jagged Globe lewat pernyataan resminya. Perusahaan itu menyebut Fredinburg sebagai salah satu anggota tim Everest yang menjadi korban tewas dalam bencana tersebut. Sementara  dua anggota tim lainnya disebutkan mengalami cedera dan sudah dalam perawatan.

Fredinburg disebutkan sebagai seorang pendaki yang berpengalaman. Pria asal California, Amerika Serikat itu juga memimpin sejumlah perjalanan untuk mengumpulkan citra dari daerah sekitar Everest, yang akan digunakan untuk aplikasi pemetaan ‘Street View’ di Google Maps.[HBS]

 

SourceReuters

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI