XL ‘Dompleng’ Menara Milik RRI

Jakarta – Operator seluler XL Axiata menjalin kerjasama strategis dengan Radio Republik Indonesia (RRI) untuk pemanfaatan menara milik RRI oleh operator yang telah memiliki 45,9 juta pelanggan itu.

Dengan memanfaatkan menara milik RRI ini, diharapkan akan mempermudah XL dalam memperluas cakupan layanan di berbagai daerah, termasuk di sejumlah wilayah perbatasan dengan negara-negara tetangga.

“Melalui kerjasama dengan RRI yang memiliki infrastruktur menara di berbagai pelosok daerah, kami berharap akan semakin mampu menyediakan layanan seluler berkualitas bagi masyarakat di wilayah perbatasan dengan negara tetangga,” kata Presiden Direktur Hasnul Suhaimi dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu (11/8).

Sementara itu, Direktur Utama RRI, Rosarita Niken Widyastuti menambahkan, RRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik mempunyai tugas memberikan pelayanan siaran informasi kepada seluruh lapisan masyarakat diseluruh wilayah NKRI, tak terkecuali daerah perbatasan.

“RRI juga berfungsi sebagai alat pertahanan negara dibidang informasi dan membuka isolasi informasi. Sinergi dengan XL ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kedua belah pihak,” ujarnya.

Disebutkan, kerjasama ini nantinya akan akan bisa menempatkan perangkat BTS XL di menara RRI tanpa harus membangun sendiri menara. Untuk tahap awal XL akan memanfaatkan menara RRI di berbagai wilayah antara lain di Biak, Merauke, Sorong, Manokwari, Tarakan, Pontianak, dan Jambi.

XL juga berkomitmen akan mendukung program on air dan off air RRI untuk mendukung persatuan dan kesatuan bangsa. Ke depannya kerjasama ini akan terus dikembangkan sehingga dapat menjangkau lebih banyak wilayah.

Sebelumnya, XL telah melayani sejumlah wilayah perbatasan, antara lain di Natuna (Kepulauan Riau), Sabang dan Simeulue (NAD), Merauke dan Jayapura (Papua).  Saat ini total XL memiliki lebih dari 33 ribu BTS (2G/3G) di seluruh Indonesia. [hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here