Home Review Uji Baterai Oppo Reno5: Ngecas Cepat dengan Fast Charging 50W

Uji Baterai Oppo Reno5: Ngecas Cepat dengan Fast Charging 50W

Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Telset.id – Oppo Reno5 menjadi HP terbaru yang tampil di Indonesia dengan mengandalkan berbagai hal, salah satunya adalah baterai. Ponsel ini ditopang oleh baterai berkapasitas besar dan didukung pengisian super cepat, sehingga kami pun tergoda untuk melakukan uji baterai Oppo Reno5.

Sekadar informasi, Oppo Reno5 sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 4.310 mAh yang didukung fitur fast charging 50W. Menariknya, di dalam paket penjualan, konsumen telah mendapatkan adaptor charger SuperVOOC 2.0 65W.

Well, kali ini tim Telset akan melakukan uji baterai Oppo Reno5. Dalam pengujian kali ini, kami melakukan charging test dan juga drain test menggunakan PCMark. Berikut selengkapnya.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Terbaru}

Uji Daya Tahan Baterai Oppo Reno5

Seperti yang sudah kami sebutkan di awal, kami melakukan pengujian daya tahan baterai Oppo Reno5 menggunakan fitur Work 2.0 Battery Life di aplikasi PCMark.

Berdasarkan aplikasi, Oppo Reno5 bisa bertahan hingga 14 jam 16 menit dengan baterai tersisa 19%. Hal ini menunjukkan bahwa HP terbaru Oppo tersebut memiliki baterai dengan daya tahan yang bagus.

Pasalnya, catatan waktu dari PCMark memperlihatkan screen on time dari ponsel itu sendiri. Screen on time sendiri merujuk kepada baterai smartphone bertahan dalam kondisi layar aktif dalam sekali charge atau baterai penuh.

Awetnya baterai Reno5 sebenarnya tak terlepas dari kemampuan prosesor Snapdragon 720G yang memang dirancang agar memiliki kinerja andal dengan efisiensi baterai yang bagus.

Menurut Qualcomm, SoC tersebut telah didukung oleh chip AIE atau artificial intelligence engine dari Qualcomm yang bertugas untuk meningkatkan performa saat dibutuhkan, dan tetap menjaga power serendah mungkin untuk menghemat baterai.

Uji Kecepatan Charging Baterai Oppo Reno5

Dalam menghitung keceparan ngecas Oppo Reno5, kami dibantu oleh aplikasi Battery Log. Aplikasi ini dapat mencatat aktivitas baterai dengan tepat.

Di pengujian juga, kami sengaja menghabiskan baterainya sampai 1% sebelum memulai proses charging. Selama mengisi baterai pun, kami tidak menggunakannya sama sekali, tapi ponsel dalam posisi menyala.

{Baca juga: 12 Fitur Kamera di Oppo Reno5, Canggih dan Inovatif!}

Hasilnya, daya tahan baterai yang lama berbanding 180 derajat daripada kecepatan ngecas ponsel ini. Oppo Reno5 bisa terisi penuh hanya dalam waktu kurang lebih 60 menit.

Apabila dijabarkan, pada 10 menit pertama, baterai sudah terisi 16%. Sementara dalam 20 menit, baterai telah terisi 36%. Untuk mencapai 80%, waktu yang dibutuhkan adalah 43 menit saja dari 1%.

Spesifikasi Oppo Reno5

Oppo Reno5 mengusung layar AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD+. Bagian layarnya ini memiliki rasio 20:9 dan sudah mendukung fitur 90Hz refresh rate serta 180Hz touch sampling rate.

Oppo Reno5 dimotori prosesor Qualcomm Snapdragon 720G. Prosesor yang memiliki arsitektur 8nm ini memiliki kecepatan mencapai 2,3 GHz.

Kinerja dari prosesornya didukung dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Oppo juga menyediakan slot memori eksternal yang bisa menampung microSD hingga kapasitas 256 GB.

Sektor fotografinya mengandalkan empat kamera, terdiri dari kamera utama 64MP, kamera ultrawide 8MP, kamera makro 2MP, dan kamera mono 2MP. Sedangkan untuk selfie tersedia kamera depan 44MP.

{Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Oppo Reno5 di Indonesia}

Oppo Reno5 juga mewarisi fitur potret yang merupakan ciri khas seri Reno seperti AI Color Portrait, Monochrome Video, 960fps Smart Slow-motion, dan Night Flare Portrait. Perangkat ini menawarkan rangkaian fitur yang lebih lengkap bagi pengguna untuk mewujudkan kreativitas melalui foto dan video.

Oppo Reno5 tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Fantasy Silver dan Starry Black. Kedua varian warna tersebut dijual dengan harga resmi Rp 4.999.000.

Perangkat ini akan dijual perdana pada 22 Januari 2021 dengan berbagai tambahan program menarik lainnya. (MF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version