Gizmo

Review Singkat Realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition

Muhammad Faisal Hadi Putra
Share

Telset.id, Jakarta – realme resmi menghadirkan smartphone spesial realme 9 pro+ Free Fire Edition di Indonesia. Beruntung, kami berkesempatan untuk menjajal langsung smartphone khusus bagi para gamer Free Fire itu. Berikut review singkat dari realme 9 Pro+ Free Fire Edition yang hadir di Indonesia dengan harga Rp 4,4 jutaan itu.

realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition dirancang secara akurat dengan membawa bahasa desain berbasiskan salah satu game FPS terbaik besutan Garena tersebut.

Terdapat berbagai ornamen khas Free Fire yang tak hanya disematkan pada bodi smartphone, tapi juga pada paket pembelian, aksesori, hingga ke sistem operasi.

Di Indonesia, realme 9 Pro+ Free Fire Edition dijual dengan harga Rp 4,9 jutaan dengan potongan diskon langsung sebesar Rp 500 ribu menjadi Rp 4,4 jutaan. Berikut review singkat realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition yang akan hadir di Indonesia.

Baca juga: Review realme 9 Pro+

Paket Pembelian Berdesain Khusus

Tak seperti boks realme 9 Pro+ pada umumnya, edisi Free Fire ini jauh lebih spesial. Ciri khas game FPS terbaik itu begitu kental terlihat dari boks luar hingga ke bagian dalam.

Di luar, terpampang gambar karakter dan logo Free Fire di atas boks berwarna kuning. Saat kotak dibuka, terdapat unit realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition itu sendiri, adaptor 60W, kabel USB type-C, softcase, buku panduan dan garansi, stiker Free Fire, voucher in-game, SIM ejector berbentuk senjata Free Fire, dan peta Free Fire.

Tiga item terakhir begitu menarik perhatian. Voucher misalnya, ketika kode di dalamnya dimasukkan ke dalalam game Free Fire, pengguna akan mendapatkan boks spesial berisi skin karakter, senjata, dan item-item eksklusif lainnya.

Sementara SIM ejector, terinspirasi dari salah satu senjata tajam di game Free Fire. SIM ejector yang biasanya dibuat sederhana, kini terlihat lebih istimewa.

Sementara peta Free Fire, terdapat pada boks bagian bawah. Peta ini dapat dilihat ketika boks dibuka.

“Biasanya boks menjadi sesuatu yang biasa. Namun di seri ini, boks juga menjadi item yang bisa dikoleksi,” ujar Mohamad Ilham Pratama selaku Head of Communications realme Indonesia.

Baca juga: Review realme 9 4G

Desain Khas Free Fire

Secara desain dan form factor, realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition mirip dengan model standar. Perbedaan paling kentara, hanya warna dan ornamen pada bodi bagian belakangnya.

HP terbaru realme ini memiliki kelir berwarna hitam dengan gradasi warna-warni ketika bodinya terkena paparan cahaya yang pas. Warna-warna yang muncul seperti hijau, merah, kuning, hingga biru, ditampilkan dengan sempurna di sekujur bodi belakang ponsel ini.

Ada beberapa hiasan khas Free Fire pada bodi belakangnya. Di samping kiri, tersemat motif pisau berwarna hijau gradasi dengan bentuk yang mirip dengan salah satu senjata tajam di Free Fire.

Di sudut kiri atas dekat kamera belakang, ada logo “booyah” yang merupakan istilah kemenangan di game besutan Garena itu.

Logo realme tak lagi berada di sudut kiri bawah. Khusus seri gaming ini, logo perusahaan ditempatkan di bagian tengah bodi. Tepat di bagian terbawah. ada logo Free Fire sebagai pelengkapnya.

Baca juga: Harga Laptop realme Book Prime

Spesifikasi realme 9 Pro+

Di atas kertas, edisi spesial tersebut masih menggunakan spesifikasi yang sama dengan model standar. Layar misalnya, smartphone ini punya layar berjenis Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD+.

Layarnya sudah mendapatkan dukungan refresh rate 90Hz dan touch sampling rate sampai 360Hz yang dapat memberikan pengalaman mulus ketika bermain game dengan grafis yang tinggi.

realme 9 Pro+ merupakan salah satu HP Android pertama yang menggunakan prosesor MediaTek Dimensity 920 5G. Prosesor dengan dukungan 5G itu dibangun dengan arsitektur 6nm yang memberikan kinerja tinggi dengan konsumsi daya yang lumayan rendah.

Prosesor tersebut didukung oleh RAM 8 GB yang bisa ditambah secara virtual sampai 5 GB berkat fitur DRE atau Dynamic RAM Expansion serta memori penyimpanan 128 GB/256 GB.

Ponsel ini juga sudah berjalan di sistem operasi realme UI 3.0 berbasis Android 12. Khusus untuk Free Fire Edition, tema default yang ditampilkan membawa ikon, motif, dan wallpaper khusus game Free Fire.

Di bagian kamera, terdapat kamera utama dengan sensor Sony IMX766 50MP yang didukung OIS dan EIS. Kamera ini dipadukan dengan kamera ultrawide 8MP dengan jangkauan 119° dan juga kamera makro 2MP. Sementara di depan, ada kamera 16MP. (MF)

SPESIFIKASI REALME 9 PRO+ FREE FIRE LIMITED EDITION
Rilis Februari 2022
Network GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE / 5G
Layar Super AMOLED 6,4 inci, Full HD+, 90Hz, Gorilla Glass 5, In-Display fingerprint scanner with heart rate detection
OS Android 12, realme UI 3.0
Chipset MediaTek Dimensity 920 5G
GPU ARM Mali-G68 MC4
RAM 8 GB
Memori 128 GB, 256 GB
Dimensi 160.2 x 73.3 x 7.99m, 182 gram
Kamera Utama 50 MP Sony IMX 766 + OIS, 8 MP (ultrawide), dan 2 MP (macro)
Kamera Depan 16 MP
Baterai 4.500 mAh, Fast Charging 60W
Konektivitas Wi-Fi 6, Bluetooth 5.1, NFC
Harga Rp 4,9 jutaan
Leave a Comment