Review Samsung Galaxy Note20 Ultra: Nyaris Tanpa Cela

review galaxy note20 ultra

Telset.idJika kita sudah mengulas Galaxy S20 Series dalam tulisan review sebelumnya, kali ini giliran keluarga Note Series terbaru yang masuk ke meja redaksi Telset. Kami akan mengulas smartphone yang sedang menyedot perhatian para tech savvy sejagat. Yup, kami akan review Samsung Galaxy Note20 Ultra.

Dua agenda besar diusung Samsung setiap tahunnya untuk memperkenalkan dua seri smartphone flagship, yakni Galaxy S Series dan Galaxy Note Series. Tahun ini, giliran lahirnya Galaxy S20 Series dan Galaxy Note20 Series.

Yang istimewaa, kali ini yang datang ke meja redaksi bukan cuma Galaxy Note20 ‘biasa’, karena kami berkesempatan untuk mencoba langsung Galaxy Note 20 Ultra, varian tertinggi dari seri Galaxy Note 20 Series.

Smartphone flagship ini jelas membawa banyak keunggulan. Mulai dari spesifikasi, fitur, kamera hingga banyak inovasi yang bisa dinikmati para penggunanya. Disebut-sebut, Galaxy Note20 Ultra sangat cocok untuk pengguna dari kalangan profesional.

Lantas, apakah ada kekurangan di smartphone yang begitu powerful ini? So, untuk tahu jawabannya, berikut ini adalah hasil pengujian yang tim Telset.id rangkum dalam review Galaxy Note20 Ultra. Enjoy!

Desain

Samsung galaxy note20 ultra

Elegan, mungkin menjadi kata yang tepat dan juga kesan pertama saat melihat dan menggenggam Galaxy Note20 Ultra. Samsung sukses menghadirkan kesan tersebut di seri smartphone premiumnya tersebut.

Pada Galaxy Note generasi terbaru ini Samsung memperkenalkan signature warna baru yang mereka sebut sebagai Mystic Bronze. Kami akui, warna ini memang mampu merepresentasikan kesan elegan dan berkelas sekaligus.

Selain Mystic Bronze, untuk seri Galaxy Note20 Ultra ini konsumen juga bisa memilih varian warna lain seperti Mystic Black dan Mystic White.

{Baca Juga: 5 Fitur Baru nan Canggih di Samsung Galaxy Note 20 Series}

Jika smartphone kebanyakan saat ini memilih menggunakan finishing yang mengkilap pada bagian covernya, Samsung justru memilih menggunakan finishing ala matte.

Kami menemukan, finishing ini menawarkan kelebihan. Seperti tidak begitu licin dan jejak sidik jari pengguna tidak akan mudah tertinggal di bagian belakang smartphone, sehingga membuatnya jauh dari kesan dekil.

Tentunya ini tidak akan membuat penggunanya harus sering-sering membersihkan bagian belakang ponsel untuk menghilangkan kesan kotor.

Samsung galaxy note20 ultra

Kecantikan desainnya ini juga dilindungi dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5 di bagian belakang. Jelas ini gak bakal bikin smartphone mudah tergores.

Samsung masih mempertahankan bentuk khas dari Galaxy Note, yakni kotak dan memanjang. Imbasnya, smartphone ini begitu sulit dioperasikan dengan satu tangan. Tetapi di sisi lainnya, pengguna akan mendapat tampilan yang lebih lega.

Meski desain bodi yang agak memanjang tapi, Samsung tetap berusaha membuat smartphone ini tidak terlalu tebal. Berkat penggunaan frame aluminium, ketebalan Galaxy Note 20 jadi cuma sekitar 8,1 mm.

{Baca Juga: Perjalanan Samsung Galaxy Note Hingga Galaxy Note20: Kisah Lompatan Inovasi}

Ditambah lagi, bobot smartphone ini juga sangat ringan menurut kami. Berdasarkan data yang kami peroleh, bobot Galaxy Note20 ini hanya sekitar 208 gram saja.

Masih dari bagian belakang, terdapat tiga kamera yang digabungkan dalam sebuah frame berbentuk persegi panjang. Frame kamera ini berpotensi jadi perhatian beberapa pengguna karena bentuknya yang bisa dibilang terlalu menonjol dan mengganggu saat diletakkan di atas meja.

Galaxy note20 ultra

Beralih ke bagian depan, Samsung memilih menggunakan layar berdesain punch hole. Ini membuat Galaxy Note 20 memiliki tampilan layar yang begitu full, nyaris tanpa bezel.

Ditambah penggunaan layar “edge” yang melengkung berhasil menambah kesan tersebut. Walaupun mungkin sebagian dari kita tidak menyukai jenis layar melengkung ini.

Eits.. jangan lupa, Galaxy Note20 juga dilengkapi dengan aksesoris S Pen. Nah, S Pen ini tersimpan di sisi kiri bawah. Di sebelahnya terdapat grill speaker, port USB Type C dan lubang mic.

Sementara di sisi kanan terdapat tombol power dan volume, sedangkan di atas terbenam sim tray yang bisa menampung dua SIM Card atau 1 SIM + 1 e-SIM + 1 microSD hingga kapasitas 1 TB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here