telset

Review Samsung Galaxy A21s: Baterai Awet, Performa Standar

Telset.id – Jelang akhir tahun 2020, Samsung merilis varian baru dari Samsung Galaxy A21s. Kami mendapat kesempatan langsung untuk review Samsung Galaxy A21s yang kini punya ruang penyimpanan lebih luas.

Sebenarnya, Galaxy A21s pertama kali tiba di Indonesia pada bulan Juli yang lalu. Hanya saja pada saat itu, HP Samsung satu ini hanya memiliki memori penyimpanan sebesar 64 GB saja.

Galaxy A21s dihadirkan Samsung untuk ikut bersaing dengan para kompetitornya di segmen menengah. Segmen yang menurut kami punya peta persaingan cukup ketat dan panas.

Untuk menarik hati konsumen, Samsung mendaratkan varian teranyar dari Galaxy A21s yang sekarang memiliki memori internal berkapasitas 128 GB. Luasnya ruang penyimpanan ini, jelas membuat pengguna bakal lebih leluasa untuk menyimpan aplikasi dan file.

Lantas, apakah hanya itu saja nilai lebih dari Samsung Galaxy A21s? Untuk mengetahui lebih jelas mengenai kelebihan dan kekurangnnya, yuk langsung saja disimak review Samsung Galaxy A21s persembahan Telset.id berikut ini. Enjoy!

Desain dan Layar

Layar Samsung Galaxy A21s
Layar Samsung Galaxy A21s (Foto: Helmi/Telset.id)

Unit yang masuk ke dapur pengujian kami juga merupakan warna baru, yakni silver. Varian warna baru ini melengkapi tiga warna lain yang telah rilis terlebih dahulu, yakni hitam, biru dan juga putih.

Jika versi awal menggunakan desain dengan finishing glossy, lain cerita dengan varian terbaru yang menggunakan finishing doff. Walaupun materialnya yang digunakan masih tetap sama yaitu polikarbonat alias plastik.

Meski terlihat lebih “kalem” dan simpel daripada sebelumnya, desain ini tentunya menawarkan sejumlah kelebihan. Seperti tidak rentan dekil, karena desain doff tidak akan meninggalkan jejak-jejak sidik jari yang begitu kentara pada bagian punggung ponsel.

Bagian belakang Samsung Galaxy A21s
Bagian belakang Samsung Galaxy A21s (Foto: Helmi/Telset.id)

Desain ini juga tidak terasa licin saat digenggam, sehingga penggunaan casing tambahan tidak begitu diperlukan. Berbicara mengenai casing tambahan, Samsung tidak menyertakan bonus aksesoris berupa casing atau earphone dalam paket penjualannya.

Dengan label harga Rp 3,1 jutaan, agak heran jika Samsung tidak menyelipkan aksesoris tambahan. Padahal, kompetitor di rentang harga yang sama pastinya memberikan bonus aksesoris di dalam box penjualannya.

Sedikit disayangkan, padahal hal semacam ini bisa menjadi semacam sentuhan kecil yang cukup bagus dan pastinya berguna untuk konsumen.

{Baca Juga: Samsung Galaxy A21s Unboxing & Review Singkat: “Jadi Lebih Lega”}

Untuk tombol dan port, masih seperti pada umumnya, di mana tombol power dan volume berada di sisi kanan, sementara slot SIM Tray berada di sisi seberangnya dan mampu menampung dua buah SIM Card dan satu microSD.

Di bagian bawah seperti biasa berkumpul port jack audio 3,5mm, port USB Type C, mikrofon, dan grill speaker.

Layarnya cukup luas dengan rasio 20:9 dan mengadopsi desain Infinity O. Bagian layarnya ini memiliki bentang seluas 6,5 inci, yang sayangnya hanya beresolusi HD+.

Walaupun belum Full HD, kekurangan ini sebenarnya tidak begitu menjadi masalah yang berarti. Menikmati konten video atau bermain game juga tetap nyaman di mata.

Spesifikasi dan Performa

Bermain game di Samsung Galaxy A21s
Bermain Game di Samsung Galaxy A21s (Foto: Helmi/Telset.id)

Urusan performa, Samsung percaya diri membenamkan chipset buatannya, Exynos 850 yang memiliki fabrikasi 8nm. Prosesornya berjenis octa-core Cortex A55 berkecepatan 2.0 GHz.

Dukungan kinerja juga diberikan dari RAM berkapasitas besar, yakni 6 GB. Ini jadi jaminan proses multitasking yang bakal lebih lancar. Pastinya juga ada memori penyimpanan yang kini lebih besar dengan ruang seluas 128 GB.

Pastinya kami juga melakukan serangkaian pengujian benchmark. Tiga aplikasi kami gunakan, AnTuTu Benchmark, 3D Mark dan juga PC Mark. Berikut hasil pengujian benchmark di review Samsung Galaxy A21s.

AnTuTu Benchmark

Review Samsung Galaxy A21s

Pertama dan yang utama, kami melakukan uji benchmark dengan aplikasi AnTuTu Benchmark. Pada pengujian yang kami lakukan, HP Samsung terbaru ini berhasil meraih skor sebesar 129.960. Skor ini menempatkannya di bawah Samsung Galaxy A50.

PC Mark

Review Samsung Galaxy A21s

Untuk mengetahui sejauh mana performa smartphone ini untuk menjalankan tugas sehar-hari, pengujian kami lakukan dengan menggunakan aplikasi PC Mark.

Hasilnya, Galaxy A21s yang kami uji kali ini berhasil meraih skor sebesar 5.723. Menurut PC Mark, skor ini menunjukkan bahwa Galaxy A21s merupakan salah satu smartphone yang bisa diandalkan untuk penggunaan sehari-hari.

3D Mark

Review Samsung Galaxy A21s

Terakhir, pengujian kami lakukan dengan aplikasi 3D Mark untuk mengetahui kemampuan GPU bawaan ponsel saat digeber untuk bermain game. Pengujian di aplikasi ini kami lakukan memanfaatkan mode Sling Shot dan mendapatkan skor sebesar 1.280.

Ngomong-ngomong soal main game, pastinya kami juga sudah mencoba beberapa game Android kekinian di Galaxy A21s. Dua game kami mainkan, PUBG Mobile dan League of Legends Wild Rift.

Saat mencoba memainkan PUBG Mobile, pengaturan grafis maksimal yang bisa didapatkan adalah HD dengan frame rate High.

Berganti ke game League of Legends Wild Rift, game MOBA ini bisa dimainkan dengan lancar di setting grafik ultra HD. Mode 60 fps juga bisa diaktifkan, sehingga gameplay jadi terasa lebih smooth.

Hanya saja jika memainkan di pengaturan tertinggi seperti ini, ponsel akan terasa cepat panas dan berpotensi mengalami overheat.

Untuk mendukung performa ponsel saat dipacu bermain game, Samsung menanamkan fitur Game Booster. Lewat Game Booster, Anda bisa membuat sumber daya smartphone berfokus ke performa agar pengalaman gaming jadi lebih maksimal.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat Anda gunakan untuk merekam gameplay. Resolusi rekaman hanya terbatas di 720 px saja.

{Baca Juga: Samsung Galaxy A21s Varian Baru dengan RAM 6GB/128GB}

Baterai

Daya tahan baterai tentunya menjadi poin penting dari sebuah smartphone. Kami juga pastinya melakukan pengujian terkait daya tahan baterai dari Galaxy A21s. Uji ini kami lakukan dengan menggunakan aplikasi PCMark di mode Battey Life.

Oh iya, Galaxy A21s ini dibekali sumber daya dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Didukung juga dengan adaptor charging dengan output 15W.

Review Samsung Galaxy A21s

Hasilnya cukup memuaskan. Galaxy A21s yang kami uji berhasil memperoleh screen on time selama 19 jam. Ini dapat dijadikan gambaran bahwa smartphone siap menemani aktivitas harian Anda dalam sekali pengisan daya.

Review Samsung Galaxy A21s

Nah, untuk pengisian dayanya, butuh waktu sekitar 2 jam 35 menit untuk mengisi daya baterai dari 1% sampai terisi penuh 100%. Durasinya tidak begitu cepat, tapi juga tidak terlalu lama.

Simak Video Gaming Test Samsung Galaxy A21s:

Kamera Samsung Galaxy A21s

Kamera Belakang Samsung Galaxy A21s
Kamera Belakang Samsung Galaxy A21s (Foto: Helmi/Telset.id)

Samsung Galaxy A21s dibekali dengan empat kamera belakang. Komposisinya terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera makro 2 MP dan kamera depth 2 MP. Sedangkan untuk selfie terdapat kamera 13 MP.

Seperti biasa, secara default kamera utama Galaxy A21s menghasilkan foto hanya dari resolusi 12 MP. Jika Anda ingin mendapatkan detail dan warna yang lebih baik, Anda perlu mengaktifkan mode 48 MP.

Mode 48 MP hanya bisa memberikan Anda rasio frame 3:4. Sedangkan mode normal memberikan pilihan lebih banyak, mulai dari 1:1, 3:4, 9:16, hingga full screen.

Hanya saja kami melihat, kameranya kurang maksimal mengabadikan momen di tempat yang kurang cahaya. Hasilnya bakal terlihat lebih optimal saat cahaya sekitarnya memadai.

20201205_164530

20201206_065801

20201123_143052

Apabila Anda ingin mengabadikan gambar dengan area yang lebih luas, tinggal aktifkan ultra wide mode yang bisa menangkap gambar dengan sudut hingga 123 derajat. Meski dapat meng-cover sudut yang lebih luas, namun kualitas gambarnya terlihat sedikit menurun.

20201206_064756

Untuk mode makronya cukup cepat dalam mengunci fokus objek dari jarak dekat. Sehingga tidak akan membuat Anda kesulitan saat ingin memotret detail dari sebuah objek.

Hasil Kamera Galaxy A21s
Hasil Kamera Galaxy A21s (Foto: Helmi/Telset.id)

Kualitas foto selfienya cukup baik, meski tak begitu spesial. Anda juga bisa menambahkan efek bokeh dengan bagian latar yang diburamkan.

20201210_173201 20201210_173245

Fitur-fitur pendukung lainnya diisi oleh fitur HDR, beautification, dan juga AR mode yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan stiker-stiker unik saat Anda foto selfie atau membuat video.

Sayangnya, Samsung tak menyertakan fitur Night Mode, sehingga Anda akan sedikit kesulitan jika ingin memotret saat malam hari atau di ruangan yang memiliki cahaya redup.

{Baca Juga: 12 HP Samsung dengan Kamera Terbaik, Rekomendasi Terbaru 2021}

Kesimpulan

review Samsung Galaxy A21s
Samsung Galaxy A21s (Foto: Helmi/Telset.id)

Secara keseluruhan, memang tak ada perbedaan yang signifikan dari hadirnya varian baru Galaxy A21s ini. Anda hanya mendapatkan opsi baru dari ruang penyimpanan yang kini jauh lebih lega untuk menyimpan aplikasi dan file.

Menurut kami, Galaxy A21s sangat cocok untuk Anda yang mencari smartphone untuk dijadikan daily driver. Berkat daya tahan baterainya yang cukup baik, Anda tidak perlu khawatir baterai bakal cepat terkuras habis.

Tetapi dari segi performa, menurut kami Galaxy A21s berada di kisaran rata-rata di rentang harganya. Masih ada pilihan lainnya yang menawarkan performa sedikit lebih baik, apalagi untuk memenuhi hasrat bermain game.

Demikian review Galaxy A21s yang kami sajikan kepada Anda. Perlu diingat, kami hanya memberikan gambaran dan pengalaman kami selama menggunakan smartphone ini. Kira-kira apakah makin membuat Anda terpincut meminang smartphone ini?

Kelebihan

  • Daya tahan baterai lama
  • Desain tidak mudah kotor

Kekurangan

  • Layar masih HD+
  • Paket penjualan minimalis
  • Tidak ada Night Mode
  • Kurang maksimal untuk gaming

TELSET RATING: 7/10

SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY A21s
Jaringan 2G, 3G, 4G
OS Android 10
Chipset Exynos 850
GPU Mali G52
RAM 6 GB
Memori 128 GB
Dimensi 163.7 x 75.3 x 8.9 mm
Layar 6,5 inci resolusi HD+
Kamera Belakang 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
Kamera Depan 13 MP
Baterai 5.000 mAh
Harga Rp 3,1 jutaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0