Review Realme 6 Pro: Smartphone Menengah Berkelas “Flagship”

Layar

Review Realme 6 Pro
Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Jujur saja, layar merupakan hal yang bikin kami penasaran selama review Realme 6 Pro. Sebab. smartphone ini memiliki layar dengan teknologi tinggi. Realme menyebutnya sebagai “Ultra Smooth Display”. Smartphone ini punya layar berukuran besar, tepatnya 6,6 inci (20 : 9) dengan resolusi maksimum Full HD+ (2400×1080) dengan rasio screen-to-body mencapai 90,6%.

Dijuluki “Ultra Smooth Display”, karena layar Realme 6 Pro sudah mendukung refresh rate hingga 90Hz dan touch sampling rate 120Hz, mirip seperti Realme X2 Pro. Selain itu, layarnya pun telah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 5.

Bagi Anda yang kurang familiar dengan refresh rate ini, singkatnya adalah hitungan berapa kali gambar pada layar di-refresh dalam satu detik. Jadi apabila 90 Hz, maka rata-rata gambar yang ditampilkan pada layar akan di-refresh 90 kali setiap detiknya.

{Baca juga: Mau Diluncurkan, Ini Bocoran Spek dan Benchmark Duo Realme 6}

Memang, secara kasat mata, tidak terlalu terlihat perbedaannya apabila dibandingkan dengan layar 60Hz. Tapi, apabila pengaturan 90Hz ini diaktifkan saat memainkan game berkualitas tinggi, maka akan terasa perbedaannya oleh mata. Sebab, semakin tinggi refresh rate, maka konten yang ditampilkan akan semakin halus dan jauh lebih optimal.

Selain refresh rate tinggi, Realme juga menghadirkan fitur OSIE Vision Effect. Fitur ini akan memberikan pengalaman visual yang bagus ketika pengguna sedang menonton. Sebab, OSIE mampu meningkatkan kejernihan tampilan video dan intensitas warna secara otomatis.

Review Realme 6 Pro
Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Meski layar smartphone ini mampu menyuguhkan konten dengan maksimal, apalagi tingkat kecerahannya yang mencapai 480 nits, tapi Realme tidak melupakan keamanan dan kenyamanan mata penggunanya. Oleh sebab itu, Realme menyematkan fitur pelindung mata yang bisa menyesuaikan suhu warna layar untuk mengurasi radiasi cahaya biru yang bisa membuat mata terganggu.

Performa

Review Realme 6 Pro
Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Review Realme 6 Pro yang sudah resmi hadir di Indonesia berlanjut ke sektor performa. Membahas spesifikasinya terlebih dahulu, smartphone ini menjadi salah satu yang pertama dengan prosesor Snapdragon 720G yang dibuat berdasarkan proses fabrikasi 8nm. Prosesor tersebut punya konfigurasi 2-core 2.3 GHz Kryo 465 Gold dan 6-core 1.8 GHz Kryo 465 Silver.

Di dalam SoC tersebut, telah disematkan chip AIE atau Artificial Intelligence Engine dari Qualcomm, dan GPU Adreno 618 untuk pemrosesan grafisnya.

Dipadukan dengan RAM 8GB LPDDR4X, storage 128GB berjenis UFS 2.1, serta baterai berkapasitas 4,300 mAh dengan dukungan fast charging 30W. Sayang, tidak ada NFC pada smartphone ini.

Smartphone tersebut menjadi bukti awal dari Realme atas pengembangan user interface buatannya sendiri yang bernama “Realme UI”. UI tersebut berbasis Android 10, dan dirancang dengan menyesuaikan preferensi serta estetika konsumen muda yang memang menjadi target utama Realme.

{Baca juga: Resmi Diperkenalkan, Ini Harga dan Spesifikasi Realme C3}

Dikombinasikan dengan layar 90Hz dan spesifikasi yang handal, Realme UI begitu smooth dan mudah digunakan. Tampilan UI ini mengingatkan kami pada UI dari Android Stock, yang biasanya digunakan padsa smartphone Android One maupun Google Pixel Series.

Lantas, bagaimana performa dari Realme 6 Pro? Kami menggunakan tiga aplikasi benchmark, yakni AnTuTu benchmark, 3DMark, dan PCMark untuk mengetahui performanya secara angka. Ketiga benchmark ini merepresentasikan kebutuhan berbeda.

AnTuTu Benchmark untuk mengetahui performa smartphone secara keseluruhan, 3DMark untuk mengetahui performa GPU, serta PCMark yang berguna untuk tahu bagaimana performa smartphone saat digunakan untuk bekerja, multitasking, dan lainnya.

AnTuTu Benchmark

Berdasarkan pengujian kami menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark versi 8, Realme 6 Pro mencatatkan skor yang tinggi, sekitar 277.541 poin. Skor itu tergolong tinggi untuk sebuah smartphone kelas menengah.

3DMark

Berikutnya adalah 3DMark. Berdasarkan pengujian review Realme 6 Pro menggunakan aplikasi ini, smartphone tersebut mencatatkan skor 3.527 poin untuk Sling Shot, dan 2.516 poin untuk Sling Shot Extreme OpenGL ES 3.1 serta 2.332 poin untuk Sling Shot Extreme Vulkan.

PCMark

Lanjut ke PCMark, Realme 6 Pro mencatatkan skor 10.217 poin. Berdasarkan pengalaman kami, perolehan ini terbilang tinggi, bila dibandingkan dengan smartphone lain dengan spesifikasi tak jauh beda. 

{Baca juga: Terkuak! Ini Rahasia Kehebatan 64MP Quad Camera Realme XT}

Baterai

Realme 6 Pro datang dengan baterai berkapasitas besar, tepatnya 4,300 mAh. Tega banget kalau Realme tidak menyertakan fitur fast charging untuk mengisi baterai sebesar ini. Untungnya, pabrikan asal China tersebut dengan baik hati menyematkan teknologi fast charging 30W untuk mempercepat proses pengisian baterai.

Teknologi fast charging ini tergolong cepat bila dibandingkan smartphone lain di kelasnya. Sebab rata-rata, smartphone kelas menengah yang ada cuma mengandalkan fast charging dengan output 18W saja. Lalu, bagaimana kecepatannya?

Kami mengisi dayanya mulai dari 4% sampai 100%. Menggunakan fast charging 30W, proses charging sampai penuh hanya membutuhkan waktu sekitar 65 menit saja. Bila dirinci, dalam waktu 37 menit, baterai akan terisi sampai 61%. Lalu, hanya dalam waktu 48 menit, baterai sudah terisi sampai 90%. 

Cepatnya proses charging smartphone ini berbanding terbalik dengan daya tahannya. Ya, Realme 6 Pro punya baterai yang awetnya ‘kebangetan’. Kami mengujinya dengan memutar video YouTube non stop di resolusi 1080p. 

 

Hasilnya, smartphone bisa bertahan sampai nyaris 16 jam dengan baterai tersisa 5%. Sementara untuk pengujian menggunakan PCMark Work 2.0 Battery Life, Realme 6 Pro memperoleh waktu sekitar 10 jam 8 menit.

{Baca juga: Realme X50 Pro Debut, Punya Enam Kamera dan Snapdragon 865}

Gaming Test

Review Realme 6 Pro
Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Realme 6 Pro kami nilai sangat ramah bagi para gamers dengan budget “pas-pasan”. Mengapa? Karena selain punya layar yang oke dan dapur pacu mumpuni, smartphone ini pun memiliki fitur gaming yang tergolong lengkap.

Adalah Game Space, yang menurut kami menjadi salah satu fitur gaming yang lengkap untuk sebuah smartphonemainstream’. Bagaimana tidak, kami dimudahkan untuk meningkatkan performa smartphone dengan memilih “Competitive Mode”. 

Kami juga bisa memblokir seluruh notifikasi, termasuk panggilan telepon saat sedang main game. Ketika game dimainkan, terdapat jendela informasi yang menampilkan fps counter, performa CPU dan GPU, sampai kualitas dari sinyal. Lengkap kan?

Berbicara soal kemampuannya untuk main game, kami memainkan banyak game pada Realme 6 Pro. Sebab, kami mengkategorikan game yang dimainkan menjadi 3 bagian. Game low yang berisi Angry Birds, Subway Surfers, dan Clash of Clans. Kemudian game mid, yang berisi Mobile Legends, AoV, serta Free Fire. Lalu game high, yakni COD Mobile, F1 Mobile, dan PUBG Mobile. 

Saat menjajal semua game, Realme 6 Pro bisa dengan sangat baik memfasilitasi hasrat game kami selama melakukan review. Game di kategori tertinggi, seperti PUBG Mobile, COD Mobile sampai F1 Mobile, bisa dijalankan secara smooth dan tanpa kendala berarti.

COD Mobile, dengan grafis tertinggi Very High dan frame rate Very High, nisa ditampilkan dengan stabil di 60 fps. Sementara PUBG Mobile, dengan grafis maksimal HD dan frame rate High, ditampilkan tanpa cela di 30fps secara stabil atau 40fps dengan pengaturan grafis Smooth – Ultra.

Lalu untuk F1 Mobile, Realme 6 Pro mampu melahapnya dengan lancar dan smooth di 30fps. Perolehan ini patut diacungi jempol, karena game besutan Codemaster itu punya grafis tinggi dan jadi salah satu game berat untuk Android. 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -