Quick Review Nokia 5.3: Andalkan NFC, Harga Rp 3 Jutaan

Telset.id – Nokia bisa dibilang adalah brand smartphone yang pasif dalam merilis produk smartphone baru. Tahun ini, akhirnya Nokia merilis Nokia 5.3 yang menjadi smartphone pertama mereka di tahun 2020. Tim Telset.id telah kedatangan Nokia 5.3 untuk di review.

Nokia 5.3 sendiri di Indonesia menjadi penerus dari Nokia 5.1 Plus yang cukup berhasil memikat konsumen gadget di Indonesia tahun 2018 lalu.

Dan tentunya kedatangan Nokia 5.3 kali ini memberikan ekspektasi pagi para pecinta Nokia untuk mengulang kesuksesan yang sama.

Nokia 5.3 diperkenalkan sebagai smartphone kelas menengah dikelas harga tiga jutaan. Beberapa fitur unggulannya yaitu Quad Camera, baterai besar, Android 10 (One), dan juga  NFC.

Bagi kalian yang penasaran dengan kemampuan dari Nokia 5.3, simak review singkatnya berikut ini.

Desain

Nokia 5.3 kali ini memang terlihat berbeda dari generasi sebelumnya yang terakhir pernah kita lihat., yaitu Nokia 5.1. Karena memang Nokia tidak sempat memasukan produk Nokia 5.2 ke Indonesia, dan langsung skip ke Nokia 5.3 ini. Entah kenapa.

Desain yang ditawarkan Nokia 5.3 secara kasat mata memang terlihat lebih menarik, tentunya juga karena gradasi warna yang dimainkannya.

Untuk warna dari unit review Nokia 5.3 yang kami pegang ini yaitu berwarna charcoal. Dimana paduan warnanya yaitu hitam dengan sedikit aksen abu-abu.

Material yang digunakan pada Nokia 5.3 ini banyak didominasi oleh Polycarbonate. Baik pada frame maupun body bagian belakangnya menggunakan material tersebut.

Kami sedikit tertipu karena mengira kalau perangkat ini memiliki material kaca pada body bagian belakang, karena box penjualan memperlihatkan gambar yang terkesan sangat glossy.

Body bagian belakang juga menjadi magnet yang kuat untuk minyak di tangan, sehingga perangkat ini mudah sekali terlihat kotor.

Untungnya Nokia menyediakan silicon case untuk pelindung tambahan dan juga menghindarkan perangkat dari kotoran.

Sementara untuk bagian depannya telah menggunakan material kaca pelindung Gorilla Glass 3, yang membuatnya cukup aman dari goresan dan benturan.

Ukuran layarnya sendiri, smartphone ini menggunakan IPS berukuran 6,55 inci dengan model notch berbentuk waterdrop untuk kamera selfienya. Layar ini memiliki resolusi HD+, dengan kecerahan yang cukup baik.

Untuk tombol dan slot, Nokia 5.3 memiliki tombol power dan volume di sisi sebelah kanan. Pada bagian tombol power, terdapat lampu LED putih yang juga berfungsi sebagai notifikasi.

Di sisi bagian kiri, terdapat slot SIM Card dengan triple slot. Yaitu dua untuk SIM Card dengan tipe nano, dan satu untuk MicroSD, dimana pengguna bisa menambahkan memori ekstrenal dengan kapasitas hingga 256GB.

Masih di sisi bagian kiri, terdapat sebuah tombol, yang fungsinya untuk mentrigger fungsi Google Assistant. Nokia memang mengandalkan fitur-fitur unggulan Android asli dari Google sebagai daya tariknya.

Di bagian bawah, tedapat grill speaker, microphone dan lubang port USB Type C. Sementara di sisi bagian atas terdapat lubang jack 3,5mm dan juga microphone kedua.

Beralih lagi ke bagian belakang terdapat frame kamera berbentuk bulat yang mungkin paling terlihat mencolok dari desain Nokia 5.3.

Tidak seperti kebanyakan produk smartphone lain yang menawarkan desain Quad Camera yang bersusun vertikal di tengah atau di sudut kiri, Nokia memberikan frame dengan konfigurasi sensor yang tersusun persegi di dalam frame bulat tersebut.

Setidaknya ini memberikan sedikit kesan premium perangkat. Lalu di bagian bawah frame kamera tersebut, terdapat sensor fingerprint berbentuk bulat.

Ini mungkin masih terbilang konvensional, mengingat beberapa vendor smartphone saat ini menggunakan fingerprint di dalam layar atau juga fingerprint side mounted yang terpasang pada tombol power.

Kamera Nokia 5.3 Review

Secara keseluruhan, desain Nokia 5.3 cukup breakthrough di sebagian aspek seperti modul kamera dan juga tombol. Akan tetapi beberapa aspek lainnya seperti justru agak ketinggalan jaman seperti pada penempatan fingerprint.

Lalu durabilitas yang biasanya menjadi kekuatan produk Nokia, kini tidak terlihat begitu menonjol.

Paket penjualan Nokia 5.3 cukup lengkap diantaranya yaitu adaptor charger, kabel USB Type C, buku panduan dan kartu garansi, silicon case, SIM ejector serta juga headset.

Paket penjualan Nokia 5.3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here