Home Review Review Samsung Galaxy Z Flip: Desain Futuristik, Performa Bagus

Review Samsung Galaxy Z Flip: Desain Futuristik, Performa Bagus

Performa

Tentu Samsung tak hanya ingin menjual rupa cantik yang dimiliki oleh Galaxy Z Flip. Mereka juga tak sungkan untuk membenamkan spesifikasi gahar pada smartphone lipat cantik ini.

Di balik desain cantiknya, terbenam prosesor Qualcomm Snapdragon 855+ yang siap memberikan performa maksimal pada pemakainya. Untuk menopang kinerja prosesornya, tertanam RAM 8GB dan memori internal 256GB.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Sayangnya, Samsung tak menyertakan dukungan slot microSD. Namun kami rasa, kapasitas memori internal yang diberikan sudah lebih dari cukup untuk menyimpan file dan aplikasi.

Nah, seperti apa performa gahar yang ditawarkan Galaxy Z Fip? Untuk mempresentasikannya dalam bentuk angka, kami melakukan pengujian dengan tiga aplikasi benchmarking, yakni AnTuTu Benchmark, PC Mark, dan 3D Mark.

AnTuTu Benchmark

Pengujian dengan AnTuTu Benchmark dilakukan untuk mengetahui gambaran performa smartphone secara keseluruhan. Semakin tinggi skor yang didapat, tentu performa yang dimiliki juga semakin tinggi.

Lewat pengujian dengan aplikasi ini, kami memperoleh skor untuk Galaxy Z Flip sebesar 463.033. Hasil skor ini jelas tergolong sangat tinggi. Wajar memang, sebab ponsel lipat ini menggunakan chipset Snapdragon seri 8 yang merupakan seri tertinggi yang dimiliki Qualcomm saat ini.

PC Mark

Sedangkan pengujian PC Mark digunakan untuk melihat performa smartphone saat digunakan untuk tugas sehari-hari, seperti mengetik pekerjaan, aktifitas multitasking seperti browsing, chatting dan lain sebagainya.

Setelah melakukan pengujian dengan aplikasi PC Mark, Galaxy Z Flip berhasil meraih skor 9.464.

3D Mark

Pengujian terakhir yang kami lakukan menggunakan aplikasi 3D Mark guna mendapat gambaran performa GPU yang dimiliki Galaxy Z Flip.

Hasilnya, ponsel lipat ini mendapatkan skor 6.302 untuk Sling Shot, 4.618 untuk skor Sling Shot Extreme OpenGL ES 3.1, serta 4.026 untuk Sling Shot Extreme Vulkan.

Baterai

Galaxy Z Flip menggendong baterai dengan kapasitas 3.300 mAh. Kapasitasnya dapat dibilang tak terlalu besar, mengingat smartphone masa kini yang rata-rata sudah memiliki baterai sekitar 4.000 mAh. Tentunya sudah ada juga dukungan pengisian daya cepat 15W, seberapa cepat ya?

Proses pengisian daya kami lakukan saat baterai menunjukkan presentase 1% hingga 100% pastinya. Pengisian daya kami lakukan dengan keadaan smartphone menyala. Hasilnya menunjukkan baterai dapat terisi penuh dengan durasi sekitar 2 jam 33 menit.

Durasi pengisian daya yang diperlukan terbilang cukup lama. Padahal, smartphone lain dengan kapasitas baterai yang lebih besar saja bisa terisi jauh lebih cepat. Terus gimana nih dengan daya tahan baterainya? 

Kami menguji daya baterai Galaxy Z Flip dengan memutar video beresousi 720p secara looping, mulai dari presentase 100% hingga 0%. Hasilnya, ponsel lipat ini dapat memutar video non-stop selama 18 jam 47 menit.

Sedangkan untuk pengujian dengan PCMark Work 2.0 Battery Life menunjukkan Galaxy Z Flip memperoleh waktu sekitar 11 jam 23 menit.

Gaming Test

Di atas kertas, dengan dimotori prosesor Snapdragon 855 harusnya tidak akan ada masalah bagi Galaxy Z Flip untuk melahap beragam game-game terkini. 

Ditambah lagi, Samsung juga sudah membenamkan aplikasi Game Launcher yang memudahkan pengguna untuk mengakses berbagai game yang terpasang di smartphone.

Aplikasi ini dapat memblokir panggilan telepon dan notifikasi yang masuk agar tidak mengganggu keseruan Anda bermain game. Selain itu, Anda juga dapat mengandalkan Game Launcher untuk  menampilkan statistik berupa lama waktu Anda memainkan game-game yang ada di smartphone

Tak hanya itu saja, Game Launcher juga menyediakan pilihan performa yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Mulai dari Focus on Performance yang akan mengeluarkan performa terbaik dari baterai.

Ada juga Focus on Power Saving yang bisa Anda aktifkan untuk bermain game tapi dengan daya yang lebih hemat. Terakhir ada Balance yang menawarkan performa dan penggunaan daya yang seimbang.

Selama proses gaming test ini kami menyiapkan tiga game untuk dimainkan di Galaxy Z Flip, yakni Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Fortnite Battle Royale.

Kami awali dengan Mobile Legends. Kami dapat bermain game ini secara lancar tanpa kendala berarti. Bahkan, pengaturan grafik “Ultra” dapat diakses dan membuat tampilan game makin smooth dan memanjakan mata.

Selanjutnya, kami memainkan game PUBG Mobile. Pada saat memainkan game bergenre battle royale ini, kami juga tidak mendapatkan kendala, dan bahkan kami bisa memperoleh pengaturan grafik maksimal HDR dengan frame rate tertinggi di bagian Ultra.

Terakhir, kami mencoba game yang hanya bisa dimainkan di smartphone dengan spesifikasi tinggi, Fortnite Battle Royale. Game besutan Epic Games tersebut bisa kami mainkan dengan pengaturan grafik tertinggi yaitu epic.

Sayangnya, fps maksimal yang dapat dicapai di grafik “epic” hanya pada 30fps. So far, pengalaman bermain tetap bisa dinikmati dengan sangat baik.

Mengingat ukuran layarnya yang cukup lebar saat berada dalam mode landscape, kami mengapresiasi sentuhan kecil yang diberikan Samsung pada tampilan keyboard ketika digunakan untuk bermain game.

Samsung membuat tampilan keyboard terpisah menjadi dua bagian. Ini membuat jari-jari pengguna bisa dengan lebih mudah mengakses tombol keyboard ketika ingin mengetik in-game.

Sayangnya, kami juga menemukan sedikit kekurangan. Pada bagian sisi layar Galaxy Z Flip telah dilapisi dengan lapisan pelindung layar lipat, seperti yang juga dipasangkan pada pendahulunya, Galaxy Fold. Pelindung ini membuat bagian sisi sedikit lebih tinggi dari permukaan layar.

Hal ini membuat kami kerap kesulitan mengakses ikon dalam game yang terletak di bagian sisi-sisi tersebut. Bagian sisi kiri atas atau kanan atas misalnya. Butuh usaha ekstra untuk mengakses ikon yang berada di posisi tersebut. Kondisi semacam ini bisa jadi menyebalkan saat Anda harus mengaksesnya dengan cepat di tengah permainan.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version