Review Asus Zenfone 5: Kerja Gegas, Desain Berkelas

Muhammad Faisal Hadi Putra
Share

Layar

Asus Zenfone 5 mengusung layar berjenis IPS dengan ukuran 6,2 inch beresolusi FHD+ (1080 x 2246 piksel) dengan aspek rasio 19 : 9, mirip seperti iPhone X. Selama beberapa hari menggunakannya, kualitas layar Zenfone 5 sukses memanjakan mata kami.

Saat menggunakannya, kami sengaja menggunakan wallpaper dengan warna yang terang. Itu karena kami ingin mengetahui apakah layar Zenfone 5 menyajikan warna yang berkualitas atau tidak.

Hasilnya, layar Zenfone 5 benar-benar memiliki kapabilitas dalam hal penyajian warna. Selain itu, layarnya juga mampu menyesuaikan intensitas cahaya secara otomatis, berkat adanya fitur Auto Brightness.

Layar Zenfone 5 juga dapat kami klaim cukup pintar. Salah satu buktinya adalah dengan adanya fitur Smart screen on yang mungkinkan layar untuk tetap menyala, ketika pengguna menatapnya.

Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana dengan “si notch”? Sebenarnya soal notch, tergantung selera masing-masing pengguna. Ada yang suka dengan tampilan notch karena membuat smartphone terlihat kekinian, ada juga yang tidak suka karena “sedikit” mengganggu tampilan layar.

Sejujurnya notch Zenfone 5 dapat dihilangkan, ketika menjalankan aplikasi-aplikasi tertentu seperti Google Chrome misalnya. Namun saat kami melakukan review, tiba-tiba ada pembaruan sistem terbaru yang membawa fitur yang pasti akan disukai oleh pengguna yang kontra dengan notch.

Karena pada pembaruan ini, pengguna Zenfone 5 dapat menghilangkan notch pada pengaturan Display dan kemudian memilih opsi Hide Notch.

Seperti pada LG G7 ThinQ, fitur ini memungkinkan layar bagian atas diubah warnanya menjadi warna hitam agar senada dengan warna. Yang menarik, notifikasi akan tetap dimunculkan pada bar tersebut, sehingga pengguna tetap dapat memaksimalkan layar Zenfone 5. Keren!

Kinerja

Asus Zenfone 5 mengandalkan spesifikasi yang sebenarnya tak jauh berbeda dibandingkan seri Zenfone Max Pro M1. Smartphone ini dibekali prosesor octa-core 1,8GHz dengan chipset terbaru dari Qualcomm yakni Snapdragon 636.

Hal lainnya, disematkan juga RAM 4GB, ROM 64GB, baterai berkapasitas 3,300 mAh dan sistem operasi ZenUI 5.0 berbasis Android 8.0 Oreo.

Berbicara soal sistem operasinya, Asus mungkin mulai mendengarkan keluhan-keluhan dari para penggunanya soal ZenUI. Seperti diketahui, ZenUI bisa dibilang menjadi salah satu sistem operasi yang memiliki banyak bloatware.

Meski sudah dikurangi jumlahnya pada ZenUI 4.0, namun dengan kehadiran bloatware, tentu akan berpengaruh pada performa smartphone secara keseluruhan.

Pada ZenUI 5.0 inilah Asus seolah membuktikan bahwa ZenUI bukan lagi sebagai sistem operasi yang menghambat kinerja dari smartphone karena banyaknya bloatware di dalamnya. Melainkan bertransformasi sebagai sistem operasi yang nyaman digunakan dan ringan bagi smartphone.

Salah satu buktinya, ketika kami menjalankan berbagai aplikasi dalam satu waktu. Dari 4GB RAM yang disediakan, hanya terpakai 56% saja atau 2,2GB RAM. Dengan konsumsi terbanyaknya adalah sistem Android itu sendiri yakni 0,97GB.

ZenUI 5.0 juga hanya memiliki sedikit bloatware saja, dan itupun dirasa berguna menurut kami. Sebut saja Calculator, Clock, Contacts, Sound Recorder, Weather dan Web Storage. Sisanya, hanya aplikasi Google dan juga beberapa aplikasi pendukung seperti Themes, Mobile Manager dan Selfie Master.

Sistem operasi yang mampu bekerja dengan optimal, tentu akan bepengaruh pada kinerja dari baterai. Nah, meskipun baterai Zenfone 5 hanya berkapasitas 3,300 mAh saja, tapi bisa kami klaim smartphone ini menjadi salah satu smartphone yang awet baterainya.

Sebab, berdasarkan pengujian kami, baterai Zenfone 5 mampu bertahan 12 jam 34 menit dengan baterai tersisa 6% yang diprediksi bakal habis dalam waktu 43 menit lagi. Sementara perolehan screen on time tercatat selama 5 jam 10 menit. Tahan lama kan?

Nah, selain sistem operasi yang smooth dan baterai yang tahan lama, Zenfone 5 juga punya performa yang sangat mumpuni untuk sebuah smartphone “kelas menengah”. Itu karena pada Zenfone 5 terdapat teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) bernama AI Boost yang bertugas memacu kinerja Zenfone 5 lebih cepat lagi.

Kamipun penasaran seberapa besar kinerja Zenfone 5 jika dilihat dari angka. Berdasarkan pengujian kami menggunakan AnTuTu Benchmark versi 7, Asus Zenfone 5 mencatatkan skor 133.917 poin!

Baca juga: Review Asus Zenfone Max Pro M1: Zenfone Max Terbaik!

Jika kami bandingkan dengan Asus Zenfone Max Pro M1 yang punya spesifikasi yang sama, perbedaan skornya sangat jauh karena Zenfone Max Pro M1 hanya berhasil mencetak skor 115.022 poin.

Dengan berbagai keunggulan di sektor spesifikasi, tentu saja akan membuat Zenfone 5 sangat mumpuni untuk memainkan game dengan grafis tinggi, contoh saja PES 2018, PUBG, Free Fire dan lainnya.

Untuk urusan yang ringan seperti berselancar di media sosial dan internet, mengetik, menonton film atau YouTube, dan lainnya, smartphone ini juga sangat kredibel untuk menjalankannya.

Page: 1 2 3

Leave a Comment