Review Asus ZenBook 13 UX325: Desain Cantik, Mobilitas Handal

Performa

Review Asus ZenBook 13 selanjutnya masuk ke fase pengujian performa. Mengetahui sejauh mana kinerja yang ditawarkan oleh laptop terbaru dari Asus ini.

Tidak lupa juga pastinya kami melakukan serangkaian uji benchmark untuk memperoleh gambaran performa Asus ZenBook 13. Uji benchmark kami lakukan dengan menggunakan aplikasi seperti PC Mark, 3D Mark, Cinebench dan Crystal Disk.

Berikut hasil pengujian benchmark yang telah kami lakukan:

PC Mark

Pengujian pertama kami lakukan dengan memanfaatkan aplikasi PCMark. Uji benchmark dengan aplikasi ini dilakukan untuk melihat kinerja perangkat untuk penggunaan harian. Seperti browsing, editing foto, mengetik dan lain sebagainya.

Pada pengujian ini, ZenBook 13 berhasil meraih skor rata-rata hampir menyentuh 4.000. Laptop ini terbukti cukup kuat di bagian produktivitas dengan raihan skor mencapai angka 6.000-an.

3D Mark

Sementara pengujian dengan aplikasi 3D Mark dilakukan untuk melihat kinerja proses grafis dari perangkat. Semakin tinggi skor yang diperoleh, tentunya bakal lebih baik. Kami menguji dengan menggunakan mode 3DMark Sky Diver.

Skor keseluruhannya mencapai angka 8.383. Berdasarkan pengujian grafis di aplikasi ini, laptop mampu menjalankan dengan stabil di kisaran 30-40 fps.

Cinebench

Kemudian pengujian kami lanjutkan lagi dengan menggunakan aplikasi Cinebench. Cinebench merupakan tes benchmark untuk mensimulasikan proses render 3D yang sanggup dilakukan oleh perangkat laptop atau PC. Semakin tinggi skor yang didapat maka jelas semakin tinggi performa perangkat.

Pengujian dengan Cinebench meraih skor sebesar 1.535 untuk CPU dan 448 untuk CPU Single Core. Memperlihatkan bahwa laptop sanggup menjalankan render grafis yang tinggi tanpa masalah berarti. Walaupun mungkin tidak sebaik performa dari laptop yang memang disiapkan untuk editing.

CrystalDiskMark

review asus zenbook 13

Sedangkan pengujian dengan menggunakan aplikasi CrystalDisk Mark berguna untuk melihat kemampuan memori di laptop atau PC. Aplikasi akan menguji seberapa cepat kemampuan baca dan tulis memori. Semakin tinggi angka yang diperoleh tentu semakin bagus.

Berdasarkan pengujian pada CrystalDiskMark, laptop ini mampu membaca dan memproses data berukuran besar dengan baik. Dengan ini pengguna tidak perlu menunggu lama untuk proses booting atau loading sebuah aplikasi.

Ini juga berkat penggunaan SSD yang ditanamkan di laptop ini. Sehingga performa yang ditawarkan juga lebih baik bila dibangingkan dengan menggunakan HDD.

Secara keseluruhan, hasil benchmark memperlihatkan performa ZenBook 13 dengan cukup memuaskan. Ya untuk penggunaan sehari-hari, tentu Anda tidak akan menemukan masalah berarti. Mengingat, laptop ini memang diperuntukkan bagi keperluan tersebut.

{Baca Juga: Spesifikasi dan Harga HP Terbaru}

Pengujian daya tahan baterai juga kami lakukan. Saat diuji menggunakan PCMark 10 pada mode modern office, ZenBook 13 (UX325) dapat bertahan hingga hampir 13 jam.

Itu artinya Anda bisa menggunakan ultrabook ini untuk bekerja seharian, jika rata-rata pekerja kantoran menghabiskan waktu hingga 8 jam sehari.

review asus zenbook 13

Selain berkat penggunaan prosesor hemat daya dari Intel, teknologi panel terbaru adalah salah satu alasan mengapa ZenBook 13 dapat memiliki daya tahan baterai yang panjang.

Laptop ini menggunakan panel 1W terbaru. Teknologi panel tersebut memiliki konsumsi daya yang sangat rendah, bahkan dapat meningkatkan daya tahan baterai hingga 37,5% jika dibandingkan dengan menggunakan panel standar.

 

Kesimpulan

So, jika Anda mencari laptop yang mudah diajak mobilitas dengan performa yang bisa diandalkan, ZenBook 13 mungkin bisa menjadi jawaban yang tepat untuk saat ini.

Desain ringkas, ditambah tampilan yang elegan menjadi nilai plus dari laptop ini. Tidak cuma memudahkan untuk dibawa kemana-mana, kinerja dari ZenBook 13 juga sangat bisa diandalkan berkat penggunaan prosesor Intel generasi terbaru, RAM LPDDR4X dan juga penyimpanan yang sudah memakai SSD.

Selama review Asus ZenBook 13 ini, kami cukup enjoy menggunakannya sebagai daily driver. Minim kekurangan dan sejauh ini sangat memuaskan.

Buat Anda yang tertarik memboyongnya, ZenBook 13 dengan varian Intel Core i5 dibanderol dengan harga Rp 14.299.000. Sedangkan versi Intel Core 17 dihargai Rp 17.299.000.

Kelebihan

+ Desain ringkas dan ringan

+ Tampilan premium

+ Nyaman untuk Mengetik

+ Performa handal

+ WiFi 6 dan Bluetooth 5

+ Touchpad dan numpad jadi satu

Kekurangan

– Port USB 3.1 cuma 1

TELSET RATING: 8/10

Nama Produk Asus ZenBook 13 UX325
Layar 13.3-inch FHD (1920 x 1080) NanoEdge display, 300 nits
SoC/Prosesor Intel Core i5-1035G1/ Intel Core i7
GPU Intel Iris Plus Graphics
RAM 8GB / 16GB / 32GB LPDDR4X 3200MHz
Internal Storage 512 GB PCIe 3.0 x2 NVMe SSD
Kamera IR camera with Windows Hello
Baterai 67Whr 4-cell lithium-polymer battery
Charger 2 x Thunderbolt 3 USB-C with ASUS USB-C Easy Charge
Konektifitas WiFi 6, Bluetooth 5, 1 x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1 x Standard HDMI 2.0, 1 x MicroSD card reader
Sistem Operasi Windows 10 Home
Varian Warna Pine Grey
Harga Rp 14.299.000

 

Simak Video “Review ASUS Zenbook 13 UX325: Cocok Buat WFH”:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0