Home Review WD My Passport SSD, Memori Eksternal Mini dengan Performa Tinggi

WD My Passport SSD, Memori Eksternal Mini dengan Performa Tinggi

Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Telset.id – Western Digital pada September lalu meluncurkan produk memori penyimpanan eksternal bernama WD My Passport SSD. Perangkat ini merupakan sebuah SSD eksternal yang sudah mendukung teknologi NVMe.

WD My Passport SSD dijual dengan tiga varian kapasitas memori penyimpanan. Mulai dari 500GB yang dijual dengan harga Rp 1,5 jutaan, 1TB yang dibanderol Rp 2,7 jutaan, dan 2TB yang dilepas di harga Rp 5,2 jutaan.

Memori SSD eksternal ini menawarkan keunggulan dibandingkan hardisk eksternal. Selain kinerja write dan read speed yang kencang, WD My Passport SSD juga memiliki daya tahan lebih baik.

Ya, memori SSD memang tahan terhadap guncangan daripada HDD. Sehingga, Anda sebagai pengguna tak perlu takut lagi kehilangan data akibat bad sector dan kerusakan lain yang biasanya terjadi di hardisk eksternal.

{Baca juga: SanDisk Extreme Portable SSD Dijual Resmi, Harga Mulai Rp 2 Jutaan}

Desain

WD My Passport SSD eksternal memiliki bentuk yang cenderung sangat kecil. Jika dihitung dimensinya, ukurannya hanya berkisar 100 x 55,12 x 8,89 mm saja dengan bobot cuma 47,5 gram.

Meski berukuran mini, SSD eksternal ini memiliki bodi yang tergolong kokoh. Hal itu sangat bagus untuk melindungi komponen penyimpanan yang berada di dalamnya.

Berkat ukurannya yang sangat kecil, WD My Passport SSD ini sangat gampang disimpan di mana saja. Entah itu di saku kemeja, tas kecil, dan lain sebagainya.

Selain ukurannya yang mungil, desain SSD eksternal ini pun bisa dibilang sangat sederhana. Bodinya memiliki tepian yang membulat dan ada akses bergelombang yang menarik.

Tersedia macam-macam warna, yakni abu-abu, hitam, merah, dan emas. lalu, hanya ada satu port saja di sini yaitu USB-C.

Di dalam paket pembeliannya, terdapat kabel bawaan USB-C ke USB-C. Sementara bagi pengguna yang memiliki laptop tanpa port USB-C, bisa menggunakan adaptor USB-A yang juga terdapat di paket pembelian.

Pengujian WD My passport SSD

Western Digital menjanjikan kecepatan baca atau read speed hingga 1.050 MB/s dan kecepatan tulis atau write speed hingga 1.000 MB/s berkat teknologi NVMe yang diusung My Passport SSD ini.

Akan tetapi, kecepatan tersebut bisa pengguna dapatkan apabila laptop atau PC mereka memiliki port setidaknya USB 3.2 Gen 2 atau 3.1 Gen 2. Jika tidak, maka kecepatan yang didapatkan pasti di bawah klaim yang diberikan WD.

Sebagai contoh pengujian, kami menggunakan Asus VivoBook Flip TP410U yang sudah memiliki port USB-C 3.1 Gen1. Ketika diuji menggunakan aplikasi CrystalDiskMark versi 7, maka kecepatannya pun belum mencapai klaim yang diberikan oleh WD.

WD My Passport SSD hanya dapat menghasilkan kecepatan baca hingga 460,59 MB/s dan kecepatan tulis sampai 454,36 MB/s.

Sedangkan saat diuji menggunakan ATTO Disk Benchmark versi 4, memori SSD eksternal dari WD ini mencatatkan 432,07 MB/s untuk write speed dan 436,67 MB/s untuk read speed.

Selama digunakan kurang lebih satu minggu, termasuk dilakukan pengujian, tentu saja SSD satu ini memiliki kekurangan yang memang lumrah terjadi pada SSD berjenis NVMe.

{Baca juga: SanDisk SSD Portabel 8TB Kecepatan Transfer Hingga 20 Gbps}

Ya, saat dipakai untuk memindahkan data berukuran besar dalam waktu yang lama, WD My Passport SSD akan terasa panas dengan suhu yang bisa mencapai 42°C. Untung saja karena bodinya yang berbahan dasar polikarbonat, suhu panas yang ditimbulkan tak terlalu mengganggu.

Kesimpulan dan Harga

Dibanderol dengan harga mulai Rp 1,5 jutaan sampai Rp 5,2 jutaan untuk sebuah memori SSD eksternal memang terlihat mahal. Tapi, kemampuan SSD NVMe ini jauh lebih baik daripada SSD berjenis SATA.

Apalagi, bagi Anda adalah konsumen yang mempunyai laptop dengan port USB 3.2 gen 2 yang punya bandwidth maksimal sampai 10 GB/s.

Kecepatan maksimal dari WD My Passport SSD tentu saja akan Anda dapatkan dan bisa dimanfaatkan untuk memindahkan berbagai jenis file berukuran besar dalam waktu yang singkat.

Perangkat ini juga bisa dimanfaatkan oleh tipe pengguna yang kerap kali melakukan proses langsung di memori eksternal. Misalnya, mengedit video, bermain game dengan grafis tinggi, dan lain sebagainya.

Kecepatan yang ditawarkan oleh memori SSD eksternal dari WD ini tentu akan sangat membantu meningkatkan kinerja laptop atau PC secara keseluruhan ketika menjalankan proses yang berat.

Well, itu dia hands-on dan review singkat terkait memori eksternal WD My Passport SSD. Semoga bermanfaat bagi Anda ya, sob! (MF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version