Wow! Layar Smartphone akan Terbuat dari Berlian

komponen utama smartphone

Telset.id, Jakarta – Teknologi layar smartphone nampaknya akan mulai masuk ke babak baru. Para produsen smartphone diyakini akan mulai mengembangkan layar dengan material paling keras di bumi, yakni berlian.

Tren ini sudah dimulai oleh salah satu perusahaan bernama Akhan Semiconductors, yang saat ini sedang mengembangkan layar smartphone berbahan dasar berlian bernama Mirage Diamond Glass.

Adam Khan, CEO Akhan Semiconductors mengklaim jika layar smartphone nantinya akan lebih kuat dan keras dibandingkan layar smartphone apapun saat ini. Untuk bahannya sendiri, Mirage Diamond Glass terbuat dari berlian hasil kembangan laboratorium mereka.

Bos dari perusahaan yang mengembangkan dan menciptakan nanocrystalline atau bahan yang terbuat dari partikel miniscule kristal itu juga mengungkapkan bahwa lapisan layar seperti Corning Gorilla Glass 3 dan jenis lapisan layar lainnya dapat dikombinasikan dengan layar berlian tersebut.

[Baca juga: iPhone X ‘Momentum’ Berlapis Berlian Seharga Rp 60 Juta]

Dilansir dari CNET, perusahaan juga tengah bekerja sama dengan salah satu merk smartphone yang belum diungkapkan untuk membuat smartphone pertama dengan layar yang terbuat dari berlian. Namun dalam pengembangannya, ada beberapa pertimbangan yang dilakukan.

Misalnya saja seperti melakukan pengujian untuk mengetahui kekuatan layar berlian secara pasti, memastikan layar dapat digunakan atau disentuh agar smartphone dapat digunakan dengan baik, menyesuaikan pantulan cahaya dari kaca dan pertimbangan lainnya.

Diperkirakan, smartphone ini sendiri akan segera dipamerkan pada tahun 2019 mendatang. Menurut Khan, nantinya smartphone yang menggunakan layar berbahan dasar berlian hanya akan ada satu merk saja.

[Baca juga: 5 Aplikasi Mahal untuk yang “Suka Kemewahan”]

Itu karena mereka hanya bekerja sama dengan satu merk untuk setiap kategorinya. Misalnya saja untuk smartphone, maka hanya ada satu merk saja yang bekerja sama dengan Akhan Semiconductors.

Kemungkinan selain smartphone, akan ada perangkat lainnya yang menggunakan layar super kuat ini seperti perangkat pemantau kebugaran, Android Gear, dan lainnya. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here