Warganet Ramai Gunjingkan #UNBK Dihapus

#UNBK Dihapus

Telset.id, Jakarta – Kementerian Pendidikan (Kemendikbud) dan DPR RI sepakat untuk menghapus kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2020. Tagar #UNBK dihapus pun menjadi perbincangan di Twitter dengan beragam respon dari warganet.

Sebelumnya Kementerian Pendidikan melalui Mendikbud Nadiem Makarim dan Komisi X DPR RI  pada Selasa (24/03/2020) telah sepakat untuk menghapus kegiatan UNBK Tahun 2020.

Alasannya demi mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19 yang sudah menginfeksi ratusan orang di Indonesia.

Penghapusan UNBK pun menjadi perbincangan warganet. Berdasarkan pantuan Tim Telset.id dari Trends24.in pada Selasa (24/03/2020) tagar #UNBK dihapus berada di urutan teratas dan mengalahkan tagar-tagar lainnya.

{Baca juga: Doa dan Dukungan Warganet untuk Dokter Handoko Gunawan}

Warganet Tagar #UNBK

Beragam respon pun dilontarkan oleh warganet. Misalnya akun @Bodohemang yang menilai kebijakan tersebut tidak adil. Pasalnya sebelum kebijakan tersebut keluar, para siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah selesai melaksanakan UNBK.

“Pak terus kita yang kemaren UN gimana pak. Anak SMK aja tetep masuk meskipun adanya wabah corona,” kata @Bodohemang.

Ucapan kecewa juga dilontarkan oleh akun @KhucauN. Supaya adil akun tersebut menyarankan pemerintah juga menghapus Ujian Kompetensi Keahlian SMK yang biasanya mereka hadapi usai melaksanakan UNBK.

“#UNBK Kami SMK sudah UNBK lalu Sekarang UNBK SMA di tiadakan. Tolong Biar Adil ,Uji Kompetensi Keahlian SMK juga di tiadakan :),” cuitnya. 

Respon dari akun @Bayudwifauzi1 justru cukup lucu. Menurutnya dengan dihapusnya UNBK Tahun 2020, maka tidak ada lagi kasus dimana sepasang siswa harus putus hubungan karena ingin fokus menyelesaikan UNBK.

“Kasian anak SMA yang lulus tahun ini.. gapernah tau gregetnya diputus cinta dengan alasan ” Fokus unbk”,” kata @Bayudwifauzi1.

{Baca juga: Antre Busway Berjam-jam, Admin Transjakarta Diprotes Warganet}

Terakhir akun @kraindini juga meminta kepada pemerintah agar skripsi juga dihapus demi mencegah penyebaran Virus Corona di instansi pendidikan atau Universitas.

“Jangan cuma #UNBK yang di batalkan, SKRIPSI JUGA DONG,” cuit @kraindini. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here