Waduh, Akun Twitter Vladimir Putin Diblokir

akun Twitter Vladimir Putin

Telset.id, Jakarta – Twitter telah memblokir akun Twitter Vladimir Putin. Bukan akun Twitter resmi dari Presiden Rusia tersebut, melainkan akun palsu yang mengaku sebagai akun versi bahasa Inggris dari Putin.

Dilansir Telset.id dari BBC, Jumat (30/11/2018), akun @putinRF_eng itu memiliki lebih dari satu juta pengikut, dan dinilai telah meniru identitas Putin.

Keputusan itu, didasarkan atas permintaan dan laporan dari pihak pemerintah Rusia yang merasa terganggu dengan adanya akun yang dibuat sejak enam tahun lalu, atau pada tahun 2012.

Akun palsu tersebut, kerap mengunggah tautan berita terkait kemunculan Putin di depan umum.

Banyak orang yang percaya bahwa akun itu adalah akun resmi milik Putin ataupun pemerintah Rusia yang menggunakan bahasa Inggris. Sebab, di sana terdapat banyak berita dari media ternama.

Akun itu menjadikan foto Putin sebagai foto profil, lengkap dengan foto Kremlin sebagai foto cover. Akun tersebut telah aktif selama enam tahun sebelum ditangguhkan. Twitter mengumumkan penangguhan melalui akun Twitter Comms.

“Akun Twitter yang meniru orang lain dengan cara yang membingungkan atau menipu akan ditangguhkan secara permanen,” demikian tertulis dalam peraturan Twitter.

Sayang, belum diketahui siapa orang di balik akun palsu Putin itu. Twitter sendiri mengaku telah menangguhkan lebih dari 70 juta akun pada Mei dan Juni 2018 sebagai bagian dari usaha untuk melawan penyabaran informasi salah. Mayoritas akun yang ditangguhkan berupa bot dan melakukan retweet dari akun lain terus menerus. (BA/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here