telset

Unik! ‘Nyeberang’ Jalan Sambil Lihat Ponsel akan Didenda

Telset.id, Jakarta – Melihat ponsel saat berkendara sangat dilarang, karena bahaya bagi keselamatan si pengemudi. Tapi tak cuma saat nyetir, karena berjalan kaki sembari menyeberang jalan pun dianggap berbahaya.

Harus diakui, melihat orang yang asyik bertelepon atau chatting di ponselnya saat menyeberang jalan sudah menjadi pemandangan yang biasa di seluruh dunia. Padahal, kegiatan ini dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain, baik pejalan kaki maupun pengemudi kendaraan.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Edward Burke dan Anthony Beale di Chicago, Amerika Serikat mengusulkan peraturan baru yang akan membarikan denda bagi mereka yang menyebrang jalan sambil melihat ponsel.

[Baca juga: Duh! Ribuan Ponsel Xiaomi Ilegal Kena Ciduk]

CNET melaporkan, usulan ini muncul setelah Pemerintah Kota di Chicago melihat adanya peningkatan angka kecelakaan yang disebabkan hal tersebut dalam beberapa tahun terakhir. Peningkatannya dilaporkan cukup mengkhawatirkan, yakni mencapai angka 11 persen.

“Semua orang melakukannya (menyebrang sambil melihat ponsel) dan kemudian semua orang merasa jengkel saat orang lain melakukannya. Saya pikir itu ada kaitannya dengan keselamatan orang lain,” ujar Gubernur Chicago Rahm Emanuel.

[Baca juga: Di Kota Ini, Menyeberang Sambil Gunakan Smartphone Didenda Maksimal Rp1,3 Juta!]

Untuk besaran denda yang diusulkan oleh pemerintah setempat mencapai USD 500 atau sekitar Rp 6,7 juta. Besaran ini ditentukan oleh bukti yang ditemukan oleh pihak otoritas saat pejalan kaki menyeberang jalanan.

Sebelumnya, Pemerintah Hawaii juga sudah lebih dahulu mengeluarkan peraturan serupa. Pemerintah Hawaii mengenakan denda mulai dari USD 15 hingga USD 99 atau sekitar Rp 203 ribu hingga 1,3 juta per pelanggaran menyeberang jalan sambil melihat ponsel. [NC/HBS]

SourceCNET

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0