telset

Unik! Hacker Ubah Nintendo Switch jadi Tablet PC

Telset.id, Jakarta – Ada-ada saja yang dilakukan para hacker ini. Bagaimana tidak, kelompok yang menamakan dirinya “fail0verflow” itu dengan mudah mengubah konsol game Nintendo Switch jadi tablet PC berbasis sistem operasi Linux.

Lewat akun Twitter resmi mereka, para hacker ini memperlihatkan sebuah Nintendo Siwtch yang mampu menjalankan sistem operasi Linux yaang sebelumnya telah dieksekusi menggunakan kode-kode tertentu.

Terlihat bahwa konsol game itu mampu berfungsi layaknya sebuah tablet PC biasa. Seperti dapat dioperasikan menggunakan sentuhan jari, mengatur intensitas cahaya layar serta membuka beberapa aplikasi seperti browser hingga aplikasi untuk pengujian kemampuan GPU dari konsol.

[Baca Juga: Mario Kart Tour Jadi Game Mobile Nintendo Berikutnya]

Namun dibalik keunikan yang dibuat para hacker ini, tersimpan celah sistem cukup besar yang harus dibenahi Nintendo dan juga Nvidia sebagai penyedia komponen bagi Nintendo Switch.

Dilansir dari The Inquirer, untuk mengubah Nintendo Switch, para hacker memanfaatkan celah pada boot ROM dari hardware Nvidia Tegra X1 yang ditanamkan Nintendo para konsol Switch. Lewat celah itu, mereka menyisipkan serangkaian kode boot Linux sehingga mengubah konsol game tersebut menjadi sebuah tablet PC.

Bahkan lewat tweet yang dibagikan pada pertengahan bulan Januari lalu, fail0verflow juga mengungkapkan bahwa celah sistem tersebut tidak dapat diperbaiki sampai hardware yang ditanamkan pada Switch diganti dengan yang lebih baik.

[Baca Juga: Nintendo Switch Bikin iPhone X dan Galaxy S8 Gigit Jari]

Sehingga lewat “keunikan” ini, Nintendo diharuskan untuk segera memperbaiki firmware konsol mereka sekaligus membujuk Nvidia untuk memperbaiki atau menyematkan seri chip Nvidia Tegra X1 terbaru pada Nintendo Switch yang bebas “cacat sistem”. (FHP/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0