NGEHITS

Terjatuh dan Pingsan, Pria Paruh Baya Diselamatkan Apple Watch

Naufal Mamduh

Telset.id, Jakarta – Apple Watch kembali menyelamatkan nyawa penggunanya. Kali ini Apple Watch Series 4 berhasil selamatkan nyawa seorang pria paruh baya yang terjatuh dan pingsan di kamar mandi.

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo pada Senin (04/02/2019), hal ini terjadi berkat fitur di Apple Watch Series 4 yang bisa mendeteksi pengguna saat jatuh, dan langsung dapat meminta bantuan saat pengguna tidak bergerak usai terjatuh.

Kasus ini terjadi di Norwegia. Menurut laporan media lokal, Norsk Rikskringkasting, seorang pria berusia 67 tahun ditemukan berdarah dan pingsan di lantai kamar mandi oleh otoritas keamanan setempat.

{Baca juga: Apple Watch Kembangkan Fitur Pendeteksi Stroke}

Diungkapkan oleh sang putri, ayahnya bisa terselamatkan berkat jam pintar yang dikenakannya.

“Itu bisa menjadi jauh lebih buruk. Sepanjang pagi kami bertanya, ‘Apa yang terjadi jika dia tidak memakai jam tangan pintar?’ Dia tidak membawa smartphone-nya ke kamar mandi,” ucapnya.

Ia mengatakan, bantuan langsung datang dengan cepat berkat fitur pendeteksi jatuh dari Apple Watch Series 4. Alhasil, sang ayah bisa selamat dari kecelakaan yang bisa saja merenggut nyawanya itu.

“Luar biasa dia mendapat bantuan cepat dari alarm, sampai polisi menemukannya. Itu adalah kejatuhan yang serius, mungkin itu menyelamatkan hidupnya,” tambahnya.

{Baca juga: Lagi-lagi Nyawa Terselamatkan Berkat Apple Watch}

Diceritakan, bahwa pria paruh baya itu pergi ke kamar mandi saat tengah malam. Akan tetapi, ia terjatuh dan membentur lantai yang mengakibatkan tiga patah tulang di bagian wajahnya. Beruntung, saat ini pria tersebut telah sadarkan diri dan masih dirawat di rumah sakit setempat.

Cerita soal Apple Watch yang mampu menyelamatkan hidup penggunanya memang semakin banyak. Sebelumnya smartwatch Apple tersebut berhasil menyelamatkan nyawa seorang perempuan yang mengalami kecelakaan mobil, dan tercebur ke parit yang penuh air dan lumpur.

Amanda Antonio (20) sedang mengemudi selama 3 jam non-stop. Tiba-tiba sekitar pukul 04.00 pagi, ia kaget karena jalur mobilnya dipotong oleh pengendara lain. Akibatnya, ia kehilangan kendali atas mobilnya yang menyebabkan mobil terbalik beberapa kali sebelum akhirnya jatuh ke parit.

{Baca juga: Hebat! Apple Watch Selamatkan Nyawa Pengguna dari Kecelakaan Fatal}

Selama kecelakaan, Antonio dapat menemukannya menggunakan Apple Watch, kemudian memanfaatkannya untuk menghubungi 911 atau layanan darurat di Amerika Serikat.

“Hai, saya mengalami kecelakaan mobil. Mobil saya terbalik dan saya tidak bisa melihat apa pun dan ada air masuk ke dalam mobil. Saya tidak bisa keluar,” ucap Antonio kepada polisi.

Seperti dilaporkan oleh Spectrum Bay News 9, pada saat itu permukaan air naik cukup cepat dan naik hingga mencapai dagunya dalam waktu singkat. Pihak operator pun tetap berkomunikasi dengan Antonio dan memintanya untuk tenang sampai tim penyelamat datang. (NM/FHP)

Leave a Comment