5 Tanda WhatsApp Disadap, Begini Cara Mengatasinya!

Telset.id – Pernah mengalami sesuatu yang janggal atau aneh pada WhatsApp Anda? Mungkin itu bisa menjadi tanda-tanda WhatsApp disadap oleh orang yang tidak berkepentingan.

Seperti yang kita ketahui bersama, WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang biasa digunakan sehari-hari. Berbagai obrolan, foto, video, atau file dokumen dibagikan melalui platform tersebut. Tentu akan sangat berbahaya apabila data pribadi Anda diakses oleh orang lain.

Seiring dengan maraknya kasus terkait cyber crime, bukan tidak mungkin akun WhatsApp milik Anda juga berpeluang menjadi target peretasan.

{Baca juga: Panggilan Grup WhatsApp Bisa untuk 8 Orang}

Maka dari itu, untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan tersebut, Anda bisa melakukan pengecekan tanda-tanda WhatsApp disadap berikut ini:

Suhu Smartphone Meningkat

Tanda WhatsApp Anda telah disadap yang pertama adalah bisa dilihat dari kondisi smartphone Anda. Saat smartphone disadap, suhunya terasa lebih panas daripada biasanya.

Jika Anda menemukan suhu smartphone Anda meninggi padahal sedang tidak digunakan untuk bermain game atau melakukan tugas berat lainnya, ada kemungkinan ponsel Anda telah diretas.

Sebab, peretasan biasanya dilakukan dengan menanamkan aplikasi atau malware yang akan berjalan di background smartphone agar tidak terdeteksi.

Konsumsi Baterai Jadi Lebih Boros

Setelah suhu smartphone jadi lebih panas dari biasanya, konsumsi baterai mendadak menjadi cepat habis bisa menjadi tanda lain akun WhatsApp Anda sudah disadap.

Konsumsi baterai yang jadi lebih boros tersebut ada kemungkinan disebabkan ada aplikasi atau malware yang berjalan di background. Ini menyebabkan ponsel bekerja secara ekstra dan menyebabkan baterai jadi cepat habis

Akun WhatsApp Web Aktif

Tanda-tanda lainnya adalah, akun WhatsApp Web Anda aktif di perangkat PC atau laptop. Padahal Anda tidak merasa mengaksesnya.

Untuk melakukan pengecekan, Anda bisa memantaunya dengan cara membuka aplikasi WhatsApp. Kemudian pilih ikon titik tiga di bagian kanan atas. Selanjutnya pilih WhatsApp Web.

{Baca Juga: Tips Memaksimalkan Fitur WhatsApp Selama Bekerja di Rumah}

Dari sana Anda bisa melihat apakah akun WhatsApp Web Anda aktif di perangkat PC atau laptop. Untuk menonaktifkannya, Anda tinggal klik opsi “Log out from all computers”.

Jika akun WhatsApp Web tersebut aktif, Anda juga bisa memantaunya melalui bar notifikasi.

Chat Terbaca Otomatis

Tanda-tanda WhatsApp disadap berikutnya adalah, Anda menemukan chat dalam kondisi telah terbaca, padahal Anda tidak merasa bahwa telah membuka percakapan tersebut.

Ini berarti, ada kemungkinan bahwa WhatsApp Anda telah diakses oleh orang-orang yang tidak berkepentingan.

Log Out dengan Sendirinya

Jika Anda menemukan akun WhatsApp telah log out dengan sendirinya di smartphone Anda, bisa jadi itu merupakan salah satu tanda-tanda WhatsApp disadap.

Kejadian semacam ini jangan disepelekan. Apabila kondisi tersebut terjadi, ada kemungkinan akun WhatsApp Anda sedang coba diakses di perangkat lainnya.

WhatsApp tidak memungkinkan 1 nomor telepon untuk diakses di 2 perangkat sekaligus. Ini mengapa akun di satu smartphone akan ter-log out apabila ada yang coba mengakses di smartphone lainnya.

Terus gimana cara mengatasinya? Yuk kita geser ke halaman selanjutnya, sob!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here