SpaceX akan “Pindahkan” Manusia Kurang dari Sejam

BFR Elon Musk

Telset.id, Jakarta – Melakukan perjalanan jauh antar negara sangat melelahkan dan juga memakan waktu yang lama. Namun kemungkinan perjalanan jarak jauh yang memakan waktu lama itu akan dipersingkat berkat kendaraan masa depan besutan SpaceX bernama “BFR”.

Di acara International Astronautical Conference yang digelar pada Jumat lalu, Elon Musk sebagai pemilik SpaceX mengungkapkan transportasi massal bernama BFR ini mampu melakukan perjalanan dari satu negara ke negara yang jauh dalam waktu yang sangat singkat.

BFR sendiri merupakan pesawat berbentuk roket yang awalnya dipersiapkan sebagai pesawat yang akan membawa manusia untuk bisa melakukan perjalanan ke Bulan ataupun Mars.

Namun Musk mengatakan jika pesawat roket buatannya itu juga bisa menjadi sarana transportasi untuk membawa manusia dalam waktu yang singkat ke berbagai tempat di Bumi.

“Jika kita berpikir untuk membangun benda ini untuk pergi ke Bulan dan Mars, kenapa tidak ke tempat lain di Bumi juga?,” ujar pria yang dijuluki Iron Man itu, seperti dikutip dari Mashable, Senin (02/10/2017).

Terlihat dalam video di bawah, BFR bisa membawa penumpangnya melakukan perjalanan dari Hongkong ke Singapura dalam waktu 22 menit saja. Sangat berbeda jauh jika dibandingkan dengan perjalanan menggunakan pesawat biasa, yang menghabiskan waktu selama 4 jam lamanya.

Simulasi perjalanan lainnya yang diperlihatkan adalah perjalanan dari Bangkok ke Dubai yang hanya membutuhkan waktu 27 menit, London ke Cape Town hanya menghabiskan waktu 34 menit, dan Doha ke Auckland bisa ditempuh hanya dalam waktu 45 menit saja.

Yang menarik, meski BFR akan menjadi pesawat komersial tercanggih yang pernah dibuat di planet ini, namun Musk memastikan ongkos untuk bisa menumpang pesawat roket canggihnya ini akan sama dengan tarif pesawat kelas Ekonomi.

“Biaya per kursi seharusnya sama dengan tarif penuh pesawat terbang kelas ekonomi,” ujarnya kalem. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here