Silikon Payudara Selamatkan Wanita Ini dari Tembakan Senjata

Telset.id, Jakarta  – Nyawa seorang wanita berusia 30 tahun terselamatkan gara-gara implan silikon payudaranya membelokkan peluru yang ditembakkan oleh seseorang misterius pada 2018 lalu.

Kisah itu diterbitkan di jurnal medis SAGE pada minggu lalu. Kasus tersebut tampaknya merupakan contoh pertama di mana implan silikon payudara ternyata bisa menyelamatkan hidup seseorang.

Kasus terjadi pada 2018 saat korban berjalan sendiri menuju departemen darurat setempat. Tiba-tiba, seseorang menembaknya. Wanita itu pun tersungkur dan tak lama kemudian dibawa ke RS.

{Baca juga: Viral, Ibu Unggah Foto Bayi dan “Alat Bantu” Vibrator}

Seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Rabu (22/4/2020), yang membuat takjub para dokter dan perawat, wanita tersebut ternyata baik-baik saja dan berbicara meskipun tertembus peluru di dada.

Rupanya, implan silikon payudaranya membelokkan peluru, menjauh dari organ vital. Ia diketahui hanya mengalami cedera dari luka titik masuk peluru yang mengakibatkan tulang rusuknya patah.

Dokter McEvenue mengatakan, luka peluru ada di payudara kiri, tetapi patah tulang rusuk ada di sisi kanan. Peluru memasuki kulit di sisi kiri, kemudian memantul di tulang dada ke payudara kanan.

“Peluru mematahkan tulang rusuk di sisi kanan. Implan silikon payudara wanita itu mengakibatkan perubahan lintasan peluru.  Jika peluru masuk ke dada, ia akan mengalami kritis,” terang McEvenue.

Sebelumnya dikabarkan teknologi lembar silikon yang bisa mengeluarkan huruf braille tengah dikembangkan di China. Teknologi ini dikembangkan demi membantu para penyandang tunanetra agar lebih mudah dalam menggunakan ponsel.

Sebelumnya, para pengguna yang menderita tunanetra harus menggunakan layanan text-to-speech atau ponsel membacakan teks yang tertera di layar. Namun, layanan tersebut ternyata dianggap kurang praktis.

{Baca juga: China Siapkan Teknologi Lembar Silikon untuk Bantu Tunanetra}

Penyandang tunanetra seperti Li Mengqi juga merasa senang karena tak perlu tergantung kepada orang lain untuk belanja online atau bermain perangkat.

Tim riset dan pengembangan Alibaba Damo Academy bekerja sama dengan Universitas Tsinghua China dalam melakukan inovasi lembaran silikon fisik murah. Lembaran itu punya tombol sensorik Smart Touch.

Smart Touch bisa ditempel di layar ponsel apapun. Ini bahkan bisa mengeluarkan huruf braille untuk menerjemahkan fungsi ponsel. [SN/HBS]

 

 

SOURCEUbergizmo
Previous articlePakai AI, Peneliti Ubah Virus Corona Jadi Musik Klasik
Next articleIlmuwan Temukan Komposisi Kimia Aneh di “Komet Alien”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here