telset

Setelah Taksi Terbang, Rolls-Royce Siapkan Robot Kecoak

Telset.id, Jakarta – Setelah belum lama ini mendeklarasikan diri untuk menyaingi Airbus dengan membuat taksi terbang, Rolls-Royce kembali membuat gebrakan. Kali ini, perusahaan yang dikenal dengan mobil-mobil menterengnya itu siap menciptakan Robot Kecoak.

Robot berukuran kecil ini dapat merangkak di dalam ruang yang sempit. Kecoak ini nantinya akan digunakan untuk membersihkan ruang sempit, termasuk mesin pesawat.

Robot kecoak Rolls-Royce, seperti dilaporkan TNW, Rabu (18/07/2018), akan memiliki tinggi sekitar 15 milimeter (sekitar setengah inci) dan beratnya hanya beberapa ons. Masing-masing akan dilengkapi dengan kamera serta optik untuk pemindaian 3D yang akan memungkinkan para insinyur untuk menilai masalah dari jauh sebelum mempersenjatai kembali kecoak ini untuk melakukan perbaikan yang diinginkan.

“Mereka bisa keluar dengan cepat dan menjangkau semua pelosok ruangan. Jika kita melakukannya secara konvensional, akan membutuhkan waktu lima jam; dengan robot-robot kecil ini, siapa tahu, mungkin butuh waktu lima menit,” kata pakar teknologi Rolls-Royce, James Cell.

Robot kecoak ini akan bekerja secara tim. Misalnya satu akan memasuki ruang pembakaran untuk mencari tahu bahaya atau untuk menghilangkan puing-puing, satu lagi melakukan pekerjaan yang kurang umum. Sistem ini memungkinkan robot untuk melakukan tugas-tugas sederhana dan mendiagnosis masalah.

Ini juga berarti bahwa pekerja berketerampilan rendah dapat menggunakan bot untuk mendiagnosis masalah sambil menunggu para insinyur untuk mempersenjatai robot kembali dan melakukan perbaikan yang lebih rumit. Setelah selesai, robot dapat diprogram untuk meninggalkan ruangan. [IF/HBS]

Sumber : TNW

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0