Satelit Mars Express Potret Kawah Dipenuhi Es di Planet Mars

Telset.id, Jakarta – Satelit Mars Express, yang mengorbit di atas Planet Mars bagian utara yang dingin, menangkap gambar kawah Korolev selebar 50 mil yang dipenuhi es. Jika dilihat, Kawah Korolev mempunyai pemandangan yang sangat memikat dan menakjubkan.

Bukan hanya karena kawah benturan yang terawetkan dengan baik, tetapi karena kawahnya dipenuhi es sepanjang satu mil dalam satu tahun.

Diluncurkan 15 tahun yang lalu oleh European Space Agency (ESA), Mars Express berfokus pada pencarian gambar gletser dan es di wilayah kutub Mars.

ESA menjelaskan, kawah es Korolev tahan terhadap pencairan selama musim panas karena es besar menciptakan “cold trap”. Ketika udara bergerak di atas kawah, ia mendingin dan tenggelam di atas es, membangun semacam “perisai” dingin di atas es.

Jadi bahkan ketika musim berubah, Korolev masih dipenuhi es. Sebagian besar kawah Mars terdapat es serupa, bahkan di daerah yang lebih dingin, namun tidak sepanjang tahun utuh.

Ketika Mars Express mengorbit di atas planet, ia mengambil foto berbagai jenis kondisi dataran, dan kemudian mengirimkan foto-foto itu kembali ke Bumi.

{Baca juga: NASA akan ‘Ngebor’ Isi Perut Mars, Mau Ngapain?}

Ilmuwan ESA kemudian menggabungkan gambar bersama untuk membangun gambaran yang koheren dari berbagai bentang alam di Planet Mars, mulai danau kering, dan massa air beku.

Gambar Korolev di atas adalah gabungan dari lima foto berbeda, masing-masing diambil selama orbit terpisah di Mars.

Nama Korolev diambil dari nama ilmuwan roket asal Sergei Korolev. Dia merupakan ilmuwan yang berhasil mengubah senjata roket menjadi alat eksplorasi ruang angkasa dan menjadikan Uni Soviet sebagai negara pertama di luar angkasa.

Korolev memimpin program luar angkasa Soviet dan secara terkenal mengalahkan Amerika ke luar angkasa. Soviet, di bawah kepemimpinan Korolev, mengirim manusia dan satelit pertama ke luar angkasa.

“Dia adalah tokoh kunci dalam sejarah luar angkasa, meskipun ia meninggal terlalu dini,” kata sejarawan luang angkasa Robert Pearlman.

{Baca juga: Patung Wajah Prajurit Ini Ungkap Kehidupan di Mars?}

Mars Express terus aktif menjelajahi Planet Mars yang berwarna merah dan mengirimkan gambar luar angkasa yang langka ke Bumi.

Sumber :

mashable.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0