Saingi Uber dan Airbus, Rolls-Royce Bikin Taksi Terbang

Telset.id, Jakarta – Taksi terbang buatan Airbus dan Uber akan punya kompetitor. Rolls-Royce telah meluncurkan kendaraan serupa berkonsep EVTOL atau Electric Vertical Take Off and Landing yang dapat membawa empat hingga lima penumpang.

Tak cuma membawa banyak penumpang, dilansir Engadget, Senin (16/7/2018), taksi terbang Rolls-Royce juga sanggup melakukan pendaratan ke hampir semua tempat. Asal tahu saja, taksi terbang EVTOL punya sayap yang dapat berputar 90 derajat.

Dengan mengangkut lima penumpang, taksi terbang Rolls-Royce diklaim mampu menempuh jarak sampai 500 mil di kecepatan puncak 250 mil per jam. Baling-baling sayapnya juga akan melipat saat berada di ketinggian untuk menghindari gangguan.

Taksi terbang Rolls-Royce bertenaga listrik hibrida dengan dukungan baterai mumpuni untuk penyimpanan energi. Desainnya difokuskan kepada mobilitas udara pribadi untuk masyarakat yang tinggal di kota-kota yang padat penduduk.

Taksi terbang Rolls-Royce bisa digunakan untuk kepentingan komersil maupun kendaraan pribadi bagi orang-orang kaya. Saking fleksibelnya, taksi terbang mewah ini bisa pula dimanfaatkan untuk pengangkutan barang atau kargo dan keperluan militer.

Saat ini, Rolls-Royce belum mengumumkan peruntukan taksi terbang tersebut. Kemungkinan, kendaraan canggih itu akan beroperasi pada 2020 mendatang. Perusahaan sedang menjajaki kerja sama dengan calon mitra yang membutuhkan angkutan nan mutakhir.

Hal yang sama berlaku untuk harga, dimana Rolls-Royce belum mau untuk mengungkapkannya. Perusahaan tengah melakukan penyempurnaan dan melakukan serangkaian uji coba. Namun, Rolls-Royce yakin armada tersebut bisa menjadi solusi moda transportasi di era seperti sekarang. [SN/IF]

Sumber : Engadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here