Home NGEHITS Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet, Bu Risma Jadi Mensos

Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet, Bu Risma Jadi Mensos

(Foto : Portal Jogja)

Telset.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle dengan menunjuk 6 menteri baru ke Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Hari ini, Rabu (23/12/2020), keenam menteri baru resmi dilantik, salah satunya Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial (Mensos) gantikan Juliari Batubara.

Pengumuman reshuffle kabinet dilakukan Jokowi ditemani Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Istana Negara. Seperti disiarkan lewat akun YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa (22/12/2020) Jokowi memperkenalkan satu persatu jajaran menteri barunya di kabinet.

Salah satu menteri yang diperkenalkan kepada publik adalah Tri Rismaharini. Walikota Surabaya yang akrab disapa Bu Risma ini ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Sosial (Mensos) menggantikan posisi Juliari Batubara yang mundur karena tersandung korupsi.

Melalui video tersebut Jokowi menjelaskan mengapa dirinya menunjuk Risma sebagai mensos gantikan Juliari Batubara. Menurut Jokowi, Risma adalah sosok berpengalaman karena sudah menjadi Wali Kota Surabaya selama 10 tahun.

{Baca juga: Warganet Hujat Mensos Juliari yang Korupsi Bansos Covid-19}

“Ibu Tri Rismaharini, saya kira kita tahu semuanya beliau adalah Wali Kota Surabaya dan saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial,” kata Jokowi.

Risma mengenakan kemeja putih dibalut dengan jaket biru lengkap dengan masker dan pelindung wajah. Risma tidak mengucapkan kata apapun dan hanya memberi salam kepada Jokowi dan masyarakat Indonesia di depan kamera.

Selain Risma, Jokowi juga mengumumkan beberapa nama lain yang menjadi menteri di kabinet pimpinannya.

Mereka adalah mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama. Lalu Sakti Wahyu Trenggono yang menggantikan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Selanjutnya ada Ketum GP Ansior Yaqut Cholil Qoumas yang menggantikan posisi Fachrul Razi sebagai Menteri Agama, Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto dan Muhammad Lutfi yang menjadi Menteri Perdagangan yang menggantikan Agus Suparmanto.

Harapan Warganet Terhadap Mensos Risma

Penunjukan Risma mendapat respon dari warganet. Berdasarkan pantauan di Twitter pada Selasa sore (22/12/2020) kata kunci “Bu Risma” menjadi perbincangan warganet.

(Screenshot : Twitter)

Salah satu warganet yang membicarakannya adalah akun @dedy14setiawan. Akun ini  merasa yakin bahwa Mensos Risma akan menjadi menteri yang berani bekerja untuk kepentingan masyarakat Indonesia.

“Taman saja di jaga mati matian sama Bu Risma, apalagi dana Bansos dan segala yg ada di dalam Kementrian Sosial, Selamat bekerja emak’e arek Suroboyo, tetap membawa spirit SATU NYALI WANI,” cuit @dedy14setiawan.

Selanjutnya ada juga akun @_mrd_ yang berharap semoga Risma mampu mencegah upaya tindak pidana korupsi dan pelanggaran hukum lainnya di Kementerian Sosial (Kemensos).

“Bersih-bersih tikus di kemensos bu Risma,” cuitnya.

Lebih lanjut ada juga akun @heizyi43 yang berharap semoga Risma menjadi menteri yang amanah sehingga bisa mengerjakan tugas-tugas negara denga maksimal.

“Semoga sehat selalu ya. Semoga selalu amanah. Bangga akutuh kalau ada kaum hawa yang bisa duduk di pemerintahan. berasa naik derajat,” cuit @heizyi43.

Terakhir ucapan harapan disampaikan oleh akun @anakrantausby. Sebagai mantan wali kota, Risma dinilai mampu bekerja sebagai mensos dan menangani berbagai permasalahan seperti penyaluran bantuan sosial Covid-19.

“Pengalamanya sebagai walikota dan bersentuhan langsung dengan kehidupan masyarakat di grassroots level akan sangat membantu mekanisme penyaluran bansos yang bermasalah dikala pandemi ini,” cuitnya.

Rencananya pelantikan Risma dan kelima menteri lainnya akan dilakukan di Istana Negara pada Rabu besok (23/12/2020). Setelah pelantikan maka para menteri baru akan bekerja membantu presiden sesuai jabatannya masing-masing.

{Baca juga: Jokowi Telepon Elon Musk, Bahas Tesla Sampai SpaceX}

Hingga saat ini Risma masih menjadi perbincangan warganet. Sosoknya diharapkan dapat membawa perubahan positif khususnya dalam penanganan Covid-19 di Indonesia. Selamat Bu Risma dan para menteri yang baru.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Exit mobile version