Rapper Kanye West Tutup Kamera MacBook Pakai Selotip, Kenapa?

Telset.id, Jakarta – Produser sekaligus rapper Kanye West menjadi perbincangan setelah mengunggah video di Twitter sedang menonton siaran komikus Scott Adams via MacBook. Dari video itu, tampak kamera MacBook milik West ditutup pakai selotip. Kenapa?

Menurut Business Insider, beberapa pihak menduga West melakukan hal tersebut demi menjaga privasi. Ia tak ingin keamanan pribadinya terganggu. Ia mengantisipasi bilamana saja kamera di MacBook itu digunakan oleh orang tak bertanggung jawab untuk memata-matai.

Keputusan serupa West pernah diterapkan oleh beberapa orang penting. Sebut saja mantan Direktur FBI James Comey, serta CEO Facebook Mark Zuckerberg. Mereka melakukan hal yang terbilang agak konyol tetapi sejatinya berfungsi melindungi keamanan pribadi.

Pada 2016 lalu, dalam sebuah foto yang diunggah di Instagram, Zuckerberg tampak sedang bermain MacBook dengan kamera tertutup selotip. Bahkan, Zuckerberg juga menyelotip audio jack di samping MacBook miliknya. Hal itu mengundang pertanyaan banyak orang.

Pengamat teknologi dari CNET, Chris Matyszczyk, mengatakan bahwa Zuckerberg bisa jadi memang tidak suka narsis di depan kamera. Satu alasan lain yang lebih masuk akal, Zuckerberg melakukannya untuk menghindari aksi pembobolan yang dilakukan oleh peretas. .

“Menyelotip webcam adalah tindakan pencegahan yang bagus. Kalau khawatir seseorang meretas laptop Anda, mantan Direktur FBI James Comey telah merekomendasikannya,” tulis Matyszczyk.

Berita Terkait: Aplikasi Baru di App Store Wajib Support iPhone X

Ia mengemukakan, saat ini beberapa peretas kelas kakap punya kemampuan mengawasi aktivitas seseorang via kamera laptop dengan memanfaatkan layanan webcam. Mereka juga menyadap percakapan si pemilik laptop melalui audio jack.

“Kalau Anda khawatir terhadap keamanan pribadi, lakukanlah hal yang sama. mantan Direktur FBI James Comey terbukti sukses menerapkannya. Cara tersebut benar-benar efektif,” pungkas Matyszczyk. [SN/HBS]

Sumber: Business Insider

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here