Polusi Udara Italia Membaik Selama Lockdown Virus Corona

Polusi udara Italia

Telset.id, Jakarta Polusi udara di Italia berangsur menurun, sejalan dengan perjuangan negara tersebut untuk mengatasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 lewat lockdown. Berkurangnya polusi udara di Italia terungkap lewat foto satelit yang diunggah oleh akun Twitter @SanGasso milik Santiago Gassó.

Santiago mengunggah perbandingan kualitas udara Italia selama bulan Februari dan Maret. Dari perbandingan terlihat, polusi udara di bulan maret menunjukkan penurunan, yang berarti kualitas udara di Italia pun membaik.

Warna coklat pekat yang menyelimuti wilayah negeri pizza secara perlahan memudar seiring meningkatnya penyebaran Covid-19 di negara tersebut.

{Baca juga: Dampak Corona, Layanan Premium PornHub Gratis di Italia}

Kemungkinan besar, tingkat polusi di Italia semakin menurun seiring minimnya kegiatan yang dilakukan masyarakat, imbas dari lockdown yang diberlakukan pemerintah. Postingan Santiago tersebut hingga kini mendapat lebih dari 1,8 ribu likes, 930 retweet dan 46 komentar.

“Dalam satu bulan, ada penurunan tingkat NO2 di Italia utara, sesuai dengan sensor satelit, tulis Santiago.

Sekadar informasi, pemerintah Italia sepakat untuk melakukan penguncian nasional atau lockdown sejak 10 Maret sampai sekarang, menyusul meningkatnya jumlah terinfeksi Covid-19. Data terakhir menunjukkan sekitar 27.980 orang yang terinfeksi, dengan 2.158 orang di antaranya meninggal dunia.

Menurunnya tingkat polusi mengingatkan kita pada apa yang terjadi di China. Foto-foto menggambarkan kawasan Wuhan, China yang merupakan pusat penyebaran virus Corona, saat ini bak kota hantu, karena banyak bisnis yang tutup. Penduduk setempat memilih tak beraktivitas di luar rumah.

{Baca juga: Virus Corona Merebak, Polusi Udara di China Turun Drastis}

Dampak kondisi itu, polusi udara di seluruh kawasan China terpantau turun drastis karena wabah virus Corona. Penurunan polusi udara di China terekam satelit NASA. Menurut satelit NASA, polusi udara di Negeri Tirai Bambu menurun signifikan setelah wabah virus Corona. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here